Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya kunjungi Pusat Pengembangan Bahasa UINSA untuk membangun kemitraan bersama dengan dalam Program Internasionalisasi Mahasiswa  pada hari Rabu, 1 November 2023. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Surabaya dan Pusat Pengembangan Bahasa UINSA siap berkolaborasi dan bermitra untuk percepatan program internasionalisasi mahasiswa di Poltekkes Kemenkes Surabaya dalam waktu dekat. Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Endah Suprihatin, S.Kep, Ns, M.Kep, Sp. Mat  dalam sambutan awal menyampaikan antusiasme mereka dalam menjalin kerjasama dengan pusat pengembangan bahasa UINSA untuk pembelajaran Bahasa Arab sebagai strategi percepatan internasionalisasi mahasiswa.  Saat ini, Prodi Pendidikan Profesi Ners sudah memiliki kelas internasional yang tentunya harus dibekali dengan penguasaan bahasa asing yang komprehensif. Selain mahir berbahasa Inggris, beliau menambahkan urgensi penguasaan bahasa arab bagi mahasiswa Profesi Ners agar mampu berkiprah secara global. Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UINSA, Dr. Muhammad Budiono, M.Pd.I menyampaikan bahwa PPB UINSA menyambut baik kerjasama yang ingin dilakukan oleh Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Kegiatan dilanjutkan dengan paparan tentang contoh aplikasi pembelajaran bahasa arab oleh Kordinator Bahasa Arab Nuriyadin, M.Fil.I.  yang digunakan di UINSA dan berbagai materi ajar yang sudah ada. Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab tentang system pembelajaran bahasa asing di masing-masing lembaga dan skema kerjasama yang dapat diinisiasi untuk kegiatan pengayaan bahasa asing di kelas internasional di  Program Studi Pendidikan Profesi Ners. Budiono juga menambahkan bahwa sebagai salah satu pusat rujukan pembelajaran bahasa arab di skala nasional, PPB UINSA juga menggunakan bahan ajar yang kompetitif yang mampu memenuhi kebutuhan pembelajar bahasa arab dari mulai level bahasa arab umum sampai dengan bahasa arab khusus. Diskusi diakhiri dengan membahas agenda pertemuan lanjutan untuk memetakan kurikulum pembelajaran dan model skema kemitraan diantara kedua institusi.