Berita

LPM Newsroom, Rabu (8/11/2022); Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melakukan Kick Off & Executive Briefing Akreditasi Internasional. Kegiatan ini bertujuan untuk penyamaan persepsi semua stakeholders internal UINSA terhadap roadmap dan semua rincian tahapan dalam akreditasi internasional dan UPPS & program studi sasaran akreditasi internasial menguasai secara detail instrumen akreditasi, teknis penyusunan kurikulum OBE, SPMI sesuai tagihan Lembaga akreditasi Internasional. Kegiatan akan dilakukan selama dua hari dengan agenda di hari pertama penyampaian materi oleh nara sumber pendamping BPM Unair tentang roadmap menuju pengakuan akreditasi internasional dan bedah instrumen akreditasi internasional FIBAA dan ASIIN. Agenda di hari kedua adalah overview dan desain kurikulum obe untuk akreditasi internasional badan penjaminan mutu Unair (tim pendamping) dan SPMI pada akreditasi internasional.

Kegiatan di mulai dengan pembukaan oleh Ketua senat UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag dan dilanjutkan dengan laporan ketua LPM, Dr. Ali Musthofa, M.Pd. Dalam laporannya beliau menjelaskan ada 18 tahapan penyusunan akreditasi internasional yang terdiri dari tahap 1, Penentuan Sasaran Prodi pada 9 Fakultas, Pascasarjana; tahap 2 excecutive briefing overview dan penyamaan dengan didampaingi oleh BPM UNAIR, tahap 3, Workshop penyusunan profil dan kurikulum sesuai tagihan ASIIN dan FIBAA, tahap 4, review dan finalisasi penyusunan profil dan kurikulum; Tahap 5 submit profil dan kurikulum pada Lembaga ASIIN dan FIBAA; Tahap 6 Pembayaran 50% Registrasi Tahap 1 Pada ASIIN dan FIBAA; Tahap 7 Penyusunan Self Study Report (SAR ; tahap 8 lanjutan penyusunan SAR; Tahap 9 Review dan Finalisasi SAR Tahap 10 Review dan Finalisasi SAR; Tahap 11 Submit SAR pada Lembaga ASIIN dan FIBA; Tahap 12 Pembayaran tahap 2 dengan total 100%; Tahap 13 Pemenuhan Dokumen; Tahap 14 Pemenuhan Dokumen; Tahap 15 Persiapan Visitasi; Tahap 16 Simulasi AL Akreditasi Internasional; Tahap 17 AL Akreditasi Internasional dan Tahap 18 Menunggu Hasil dari akreditasi Akreditasi Internasional.

Kegiatan akreditasi internasional Tahap 1-6 akan dilakukan di tahun 2022 dan tahap 12-18 dilakukan di tahun 2023. Keseluruhan tahapan tersebut dilakukan dalam rangka bentuk ikhtiar dan komitmen untuk mewujudkan amanah Statuta, RPU 2020-2044, RSB 2020-2024 dan 5 pilar rector 2022-2026.

Kegiatan dilakukan di Gedung TT. A lantai 9, kampus UIN Sunan Ampel A. Yani selama dua hari. Adapun unsur yang terlibat dalam kegiatan adalah pertama, UPPS, GKM, Prodi, Tim Akreditasi. Kedua, Tim akreditasi dan penyelearas Bahasa. Ketiga pimpinan universitas dan Biro AAKK, dan AUPK. Keempat, Senat akademik universitas, kelima, organ Lembaga dan UPT terkait: LPPM, SPI, IO, Pustipd. Keenam, LPM dan Tim Teknis. Ketujuh, Pendamping BPM UNAIR. Di Kegiatan hari pertama ini peserta antusias mendengarkan penjelasan dari pendamping BPM Unair karena narasumber membedah tentang Instrumen Akreditasi Internasional FIBAA dan ASIIN yang harus dipersiapkan saat pengajuan akreditasi internasional oleh UPPS. [lila]