Berita

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Thursday, 4 August 2022

Persiapkan Program Pengabdian Kepada Masyarakat, "Implementasi Kurikulum Merdeka" Pada Sekolah di Kabupaten Tuban, Jurusan Pendidikan Dasar Adakan Rapat Persiapan Secara Virtual

Kamis, 04 Agustus 2022, Jurusan Pendidikan Dasar yang terdiri dari Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) gelar rapat persiapan program pengabdian masyarakat. Program pengabdian masyarakat yang dirancang oleh Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya ini akan dilasakanakan di Kabupaten Tuban, Sabtu 06 Agustus 2022. Sebanyak 11 guru SD dan 6 orang guru PAUD el-Yamien tergabung sebagai peserta kegiatan pengabdian masyarakat. Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian yang berupa Workshop “Implementasi Kurikulum Merdeka” untuk Guru Pendidikan Dasar dan Guru PAUD ini adalah untuk meningkatkan kapasitas guru dalam menerapkan kurikulum merdeka, mengembangkan kemampuan guru dalam merancang modul ajar, dan mengembangkan kemampuan guru dalam merancang modul projek. 

Ketua Jurusan Dasar, Ketua dan Sekertaris Jurusan Program Studi PGMI dan PIAUD beserta dosen dari kedua prodi tersebut berdiskusi untuk memantangkan konsep kegiatan pengabdian yang akan dilakukan lusa nanti. Di mulai konsep modul ajar, modul proyek, sampai kepada kegiatan pendampingan lanjutan terhadap produk modul yang nantinya dihasilkan oleh para guru SD dan PAUD. Kegiatan pengabdian tersebut rencananya akan dilaksanakan seharian penuh dari mulai pukul 08.00 – 16.00, dimana dibagi menjadi 2 kelas seusai dengan jenjangnya masing-masing. Dr. Sihabudin, M.Pd.I., M.Pd mempresentasikan materi yang akan disampaikan pada workshop terkait modul ajar pada kurikulum merdeka belajar. Contoh dan template modul ajar sudah disiapkan oleh Prodi, namun tetap dalam implementasinya, akan disesuaikan dengan karakter sekolah yang tergabung dalam yayasan Daun Lontor kabupaten Tuban. 

Sebagai narasumber kedua yang akan memaparkan materi terkait modul projek, Ibu Hernik Farisia, M.Pd.I juga menjelaskan kepada para TIM Pengabdian di Jurusan Pendidikan Dasar bahwa kegiatan pengabdian yang dilakukan dengan sekolah alam el-Yamien ini tidak cukup dilakukan dalam 1 hari, namun perlu dilaksanakan secara kontinu agar ouput yang dihasilkan berupa modul ajar dan modul project ini dapat diimplementasikan dengan baik pada peserta didik. Sehingga kedepannya, akan diadakan pendampingan terhadap modul ajar dan modul project yang disusun oleh Guru Sd dan Guru PAUD tersebut. 

Kegiatan ini, tidak hanya berakhir sampai proses penyusunan modul saja, namun Prodi akan menginisiasi terjalinnya kerjasama berkelanjutan melalui penandatangan MoU dan MoA dengan pihak yayasan. Kedepannya, Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya akan berencana membentuk Pusat Studi yang fokus pada kajian serta permasalahan seputar pendidikan dasar.