Berita

Pendidikan Bahasa Inggris

Thursday, 4 August 2022

Upayakan Peningkatan Indeksasi dan Sitasi, Pengelola IJET Gelar Rapat Teknis

Publikasi ilmiah merupakah ruh dari kehidupan akademik. Melalui publikasi ilmiah ilmu pengetahuan didiseminasikan dan dikembangkan. Oleh karenanya, pengelolaan jurnal sebagai salah satu platform penyebarluasan pengetahuan secara tertulis. Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas publikasi, indeksasi dan sitasi, pengelola jurnal Indonesian Journal of English Teaching (IJET) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengadakan rapat teknis pada Kamis, 04 Agustus 2022.

Dalam sambutan pembukaan rapat, M. Faizin, M. Pd., Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa, menyampaikan harapan besar agar IJET dapat semakin berkembang. Dengan memperhatikan reguralitas terbitan dan kualitas tulisan, beliau berharap “IJET dapat menjadi ‘mondial’ untuk pengembangan keilmuan kependidikan Bahasa Inggris. Keajegan dan peningkatan kualitas publikasi melalui IJET ini juga harus menjadi bagian dari visi Rektor UINSA untuk mewujudkan UINSA sebagai writing university.”

Beberapa poin penting dari rapat kali ini diantaranya adalah evaluasi terkait fitur-fitur pada website IJET agar informasi dapat lebih jelas dan user friendly. Selain itu, komposisi penulis eksternal UINSA pada rentang 80-100% pada setiap edisi perlu tetap dipertahankan. Rentang masa review selama dua minggu juga dianggap sudah baik dan menguntungkan bagi penulis. Ini juga menunjukkan kualitas layanan dari IJET kepada pemangku kepentingan. Pada kesempatan ini juga dilakukan refreshment terkait tugas-tugas setiap pengelola pada Open Journal System.

Selain itu Rizka Safriyani, executive editor IJET, menyampaikan bahwa demi lebih meningkatkan kualitas review, perlu untuk kembali menggelar call for reviewer agar lebih banyak lagi ahli-ahli pada bidang kependidikan Bahasa Inggris terlibat dalam proses review. Hal ini untuk memperkaya khasanah keilmuan yang menaungi IJET. Jurnal IJET yang dapat diakses melalui IJET (Indonesian Journal of English Teaching) (uinsby.ac.id) ini juga memberikan tutorial bagi penulis melalui YouTube pada alamat https://www.youtube.com/channel/UCT-9Ycp3Tmc-WdHQE9L3I_w/featured. Dengan berbagai ikhtiar peningkatan kualitas ini diharapkan IJET dapat meningkatkan indeksasi dan sitasinya.