Berita

@Tarbiyah dan Keguruan

Thursday, 26 May 2022

PERSIAPKAN PRAKTIK LAPANGAN PERSEKOLAHAN I (PLP I),  LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN GELAR KOORDINASI BERSAMA 59 SEKOLAH/MADRASAH MITRA

Rabu, 25 Mei 2022, terselenggara kegiatan Koordinasi Praktik Lapangan Persekolahan I (PLP I). Bertempat di Gedung Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya, kegiatan ini dihadiri oleh 59 kepala sekolah/madrasah dan kepala TK/RA serta guru pamong yang berasal dari Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik.

Dari meja registrasi, peserta diarahkan untuk menempati tempati duduk yang telah disiapkan oleh panitia sesuai nama sekolah. Kehadiran Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang bertugas di 59 sekolah/madrasah dan TK/RA menambah meriahnya acara. Kepala sekolah/madrasah bersama guru pamong dan DPL saling berkomunikasi untuk koordinasi persiapan pelaksanaan PLP I.

Rangkaian kegiatan koordinasi dipandu oleh Ibu Nina Indriani, M. Pd. dosen dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembukaan berlangsung secara khidmat dengan dinyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UIN Sunan Ampel Surabaya. Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prof. Dr. H. Ali Mas’ud, M. Ag., M. Pd. I. berkenan membuka acara koordinasi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa koordinasi ini sekaligus menyambung tali silaturahmi yang sempat terputus akibat pandemi covid-19 sekaligus melanjutkn kerjasama yang telah terjalin antara Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan sekolah/madrasah dan TK/RA mitra.

Dilanjutkan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan sekolah/madrasah dan TK/RA yang baru bekerja sama pada tahun 2022 yang hadir pada acara koordinasi yaitu MI Badrussalam Surabaya, MI Al Karim Surabaya, MINU Waru II Sidoarjo, MINU Wedoro, SMAN 15 Surabaya, UPT SMPN 12 Gresik dan MI Al Muniroh 1 Gresik.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ah. Zakki Fuad, M. Ag. menyampaikan kebijakan pelaksanaan PLP I. Dalam arahannya beliau meminta kepala sekolah maupun guru pamong untuk tidak sungkan dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa, mengingatkan mahasiswa jika berperilaku tidak sesuai dan selalu kerkoodinasi dengan dengan DPL. Lebih lanjut beliau berpesan kepada para DPL bahwa kegiatan pembimbingan PLP I ini adalah bagian dri tugas tri dharma perguruan tinggi.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi inti mengenai teknis pelaksanaan PLP I yang disampaikan oleh Kepala Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Bapak Dr. Taufik, M. Pd. I. belia menjelasakan bahwa Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLPI) akan dilaksanakan pada 30 Mei – 10 Juni 2022 di 59 sekolah/madrasah dan TK/RA di Kota Surabaya. Kabupaten Sidoarjo dan KAbupaten Gresik. Pola pelaksanaan adalah mahasiswa datang untuk melakukan observasi dan pengenalan budaya sekolah dengan didampingi oleh DPL dan bimbingan dari guru pamong yang berasal dari unsur wakil kepala. Dalam penjelasannya Bapak Taufik menitipkan mahasiswa kepada kepalsa sekolah serta guru pamong untuk mendapat bimbingan serta menekankan bahwa mahasiswa wajib mengikuti PLP I secara fokus di sekolah/madrasah dan mematuhi segala peraturan yang ada di sekolah/madrasah. Di akhir penjelasannya, beliau memperkenalkan Leraning Management System (LMS) yang digunakan selama kegiatan PLP yaitu SATe PRADA (Sunan Ampel Teaching Practice Database Application) merupakan aplikasi yang digunakan mulai pendaftaran sampai dengan penilaian PLP yang dapat diakses oleh mahasiswa, DPL, serta guru pamong.

Kebijakan maupun teknis pelaksanaan PLP I telah disampaiakn oleh kedua narasumber dengan sangat jelas. Dilanjutkan dengan tanya jawab denagn peserta. Antusias peserta tampak dari banyaknya pertanyaan serta masukan untuk pelaksanaan PLP I. Kepala MTsN 1 Sidoarjo, Bapak Drs. Achmad Saifullah, M. Pd. I menyarankan untuk mahasiswa didampingi oleh dosen ketika ke sekolah kemudian dosen berkoordinasi dengan sekolah. Bapak H. Choirur Roziqin, M. Pd. menyampaikan penampilan mahasiwa ketika praktik di madrasah sebaiknya lebih sopan, dengan pakaian dan peampilan layaknya seorang guru. Hal ini langsung ditanggapi oleh Prof. Zakki selaku Wakil Dekan bidang Akademik dan Kelembagaan bahwa aturan untuk mahasiswa selama pelaksanaan PLP I sangat jelas dan meminta bantuan kepada pihak sekolah maupun DPL untuk senantiasa membimbing mahasiswa. Salah seorang guru pamong menanyakan perihal waktu pelaksanaan PLP I yang bertepatan dengan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) sehingga jam pelajaran tidak seperti biasa. Dijawab oleh Prof Zakki bahwa mahasiswa menyesuaikan dengan kondisi di sekolah.

Acara koordinasi diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Dr. H. Saiful Jazil, M. Ag. Kemudian pada sesi penutup diputar video pengenalan LMS yaitu SATe PRADA yang akan digunakan selama kegiatan PLP.