Berita
Perpustakaan Gelar TOT Penelusuran Database Springer Nature

Selasa, 22 November 2022, Perpustakaan UINSA mengundang perwakilan dari Springer Nature yaitu Nelly Arifyani dan Wiwi dalam kegiatan Training of Trainer (ToT) Penelusuran database Springer Nature. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Hary Supriyatno, S.Ag., M.Pd. (sekretaris) serta pustakawan dan perwakilan JFU yang ada di perpustakaan. Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini bertujuan untuk menambah dan meningkatkan wawasan staf perpustakaan, khususnya pustakawan terkait database Springer Nature.

Pada kesempatan ini, materi yang disampaikan oleh kedua narasumber dimulai dari cara penelusuran sederhana dan penelusuran advanced menggunakan fitur search di springer. Narasumber juga memaparkan bahwa bagi user yang tidak melanggan database Springer Nature tetap dapat membaca referensi di Springer Nature dengan memanfaatkan fitur “Get Shareable Link” yang dibagikan oleh user yang melanggan database. 

Narasumber menegaskan bahwa dalam memenuhi kebutuhan informasi akademik, penggunaan google saja tidak cukup, sehingga diharapkan dengan adanya fitur ini dapat memfasilitasi dalam pemenuhan kebutuhan informasi akademik. Di akhir sesi, narasumber juga memaparkan terkait cara akses database meski tidak berada di ip address yang telah didaftarkan, grafik penggunaan databasereference work, dan jurnal di nature.com. (Dep)