Gunung Anyar, Surabaya—(14/08/2023) Seluruh Dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA menghadiri Kegiatan Rapat Dosen Persiapan Perkuliahan Semester Gasal 2023/2024. Tujuan dari Kegiatan ini ialah untuk Mengevaluasi Perkuliahan Semester Genap dan Persiapan Semester Gasal Dosen Semester Gasal Tahun Ajaran 2023-2024. Kegiatan dilaksanakan di Auditorium FPK Lantai 2 dan dimulai kurang lebih pada pukul 10.30 pagi.

Kegiatan rapat dibuka oleh Esti Novi Andyarini. M. Kes. selaku Sekretaris Jurusan, yang kemudian diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Hymne UINSA. Lalu dilanjut dengan sambutan dari Dr. Phil. Khoirun Ni’am. Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan tersebut berharap dalam Kegiatan Rapat Evaluasi kali ini para dosen bisa lebih meningkatkan kualitas dan kinerja mereka dalam mengajar. Beliau juga menyampaikan pesan dari Rektor UINSA bahwa Fakultas Psikologi dan Kesehatan diharapkan dapat membuka Fakultas Kedokteran tahun depan.

Selanjutnya Evaluasi Perkuliahan Semester Genap dan Persiapan Semester Gasal disampaikan oleh Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si , selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Beliau menyampaikan bahwa Prodi Gizi FPK sudah mendapatkan Akreditasi B, kemudian 3 Pusat Studi Fakultas Psikologi dan Kesehatan sudah berjalan dengan lancar, di samping itu, buku ajar/modul yang akan digunakan dalam pembelajaran mata kuliah harus selalu ditingkatkan, yang terakhir, pada tahun ini Prodi Gizi memiliki dua mahasiswa asing baru, yang berasal dari Afghanistan dan Iran.

Evaluasi selanjutnya dilanjutkan oleh Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi, Psikolog. Beliau menyampaikan bahwa tahun ini FPK berhasil memberangkatkan 11 mahasiswa Prodi Psikologi dan Prodi Gizi ke Malaysia untuk menjalani Student Mobility, tepatnya berada di IIUM (International Islamic University Malaysia) yang dilaksanakan pada tanggal 15-28 Mei 2023 lalu. Wakil Dekan 2 Fakultas Psikologi dan Kesehatan tersebut juga menyampaikan Penilaian Kinerja dosen selama semester genap kemarin.

Evaluasi berikutnya disampaikan oleh Prof. Dr. Rubaidi, M. Ag, Wakil Dekan 3 Fakultas Psikologi dan Kesehatan tersebut menuturkan bahwa Ormawa Fakultas Psikologi dan Kesehatan sudah sangat kondusif dan berjalan dengan lancar, baik dari SEMA, DEMA, maupun HIMA, menurutnya hal itu membuat Fakultas jadi lebih baik daripada sebelumnya.

Adapun Evaluasi GKM (Gugus Kendali Mutu) FPK yang disampaikan oleh Nova Lusiana, M. Keb. Dalam pidatonya, beliau menyampaikan bahwa Evaluasi Pembelajaran dilakukan berdasarkan Sinau, termasuk survey kepuasan mahasiswa di kelas. Evaluasi pembelajaran ini meliputi kesiapan dosen, keandalan, empati, tanggung jawab, peka terhadap kebutuhan mahasiswa, integrasi Tri Dharma (menyampaikan hasil penelitian), Intergrasi keilmuan, serta cepat tanggap terhadap para mahasiswanya.

Hasil survey penilaian menunjukkan rata-rata dalam kategori sangat baik dan baik, namun masih ada yang cukup. Ketua Jurusan Fakultas Psikologi dan Kesehatan tersebut juga menyampaikan bahwa akan ada perbedaan RPS tahun ini dengan tahun kemarin. Perbedaan ini bisa ditinjau dari isinya, yakni 1 mata kuliah, 1 RPS, yang digunakan oleh beberapa dosen. Serta para dosen disarankan untuk menggabungkan beberapa tugas menjadi satu proyek apabila tugas tersebut terlalu membebani mahasiswa, tentunya dengan persetujuan dari masing-masing dosen pengampu mata kuliah.

Terakhir, disampaikan bahwa penilaian terhadap para dosen akan dianggap sangat baik apabila para mahasiswa menganggap dosen mereka sudah melaksanakan pembelajaran dengan jelas, waktu yang diberikan cukup untuk mengerjakan tugas, serta jam pembelajaran mata kuliah sesuai dengan SKS, yakni 50 menit perSKS.

Kegiatan Rapat Dosen Persiapan Perkuliahan Semester Gasal 2023/2024 berakhir setelah do’a penutup. Tak lupa di akhir acara juga ada sesi diskusi antar dosen, untuk mendiskusikan terkait dengan pembelajaran mata kuliah di semester gasal 2023/2024.

Writer: Najwa Laska Halqi
Editor: Ayda Zaqiyatunnisa