Berita

PERKUAT FUNGSI KEHUMASAN, KABIRO AAKK: KITA SEMUA ADALAH HUMAS

UINSA Newsroom, Senin (04/12/2023); Kehumasan sebagai sebuah fungsi merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen kampus. Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (AAKK) pada kesempatan Kegiatan Kehumasan, Senin, 04 Desember 2023. Digelar di Ruang Meeting Lt. 4 Gedung GreenSA Inn Sidoarjo, kegiatan ini mengusung tema: “Optimalisasi Peran ASN dalam Fungsi Kehumasan.” Kegiatan ini dijadwalkan selama dua hari pada Senin-Selasa, 4-5 Desember 2023.

Kabiro AAKK, Dr. H. Mamat Salamet Burhanudin, M.Ag., membuka langsung kegiatan ini didampingi Koordinator/Ketua Tim Kerjasama, Kelembagaan, dan Humas, Retno Indriati, S.Sos., M.M., dan Sub Koord Bidang Humas dan Informasi, Dr. Hasbullah Hilmi, S.Ag, S.S, M.HI.

Dalam sambutannya, Kabiro AAKK menegaskan pentingnya sinergi seluruh elemen kampus dalam menjalankan fungsi kehumasan. “Kalaupun kemudian ada KKH yang melakukan langkah-langkah di bidang kehumasan itu adalah formalitas institusi. Tapi PR (Public Relation, red) itu sendiri, saya kira secara personal bisa dilakukan oleh kita semua,” ujar Dr. Mamat.

Terutama seiring dengan semakin majunya era digital saat ini. Dimana fungsi kehumasan salah satunya seperti publikasi, menjadi lebih mudah dilakukan siapapun dan dimanapun. Karenanya, Kabiro AAKK secara khusus juga menghimbau kepada segenap tenaga pelaksana di masing-masing unit agar aware terhadap fungsi kehumasan dalam rangka meningkatkan reputasi UINSA.

 Sebelumnya, Koordinator KKH dalam laporannya selaku Ketua Panitia kegiatan menjelaskan, bahwa kegiatan ini menjadi salah satu upaya KKH dalam pengembangan mutu dan kapasitas SDM khususnya di bidang kehumasan. Mengingat, bahwa kinerja kehumasan yang terdiri dari Sosialisasi, Promosi, maupun Publikasi tidak hanya dapat dilakukan secara sentral di bidang KKH. Namun juga dapat secara sinergi dilakukan di semua unit pada UINSA Surabaya.

“Melalui kegiatan ini kami berupaya memberikan gambaran tentang pentingnya peran ASN dalam memberikan layanan terbaik bagi stakeholder baik internal maupun eksternal. Serta membekali tenaga pelaksana pada unit di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya kemampuan dasar bidang kehumasan,” ujar Retno.

Kegiatan yang menghadirkan sekitar 70 peserta ini diantaranya terdiri dari Koordinator dan Sub Koord. Bidang pada Biro AAKK dan AUPK, serta Tenaga Pelaksana pada Biro, Lembaga, Fakultas, Pusat, dan Unit Kerja. Menghadirkan pembicara dari berbagai latar belakang, antara lain Praktisi kehumasan dari Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, dan lainnya.

Pada kesempatan pertama, materi disampaikan langsung Kabiro AAKK tentang pengenalan struktur kelembagaan bidang kehumasan pada UINSA Surabaya. Dilanjutkan dengan materi terkait Keprotokolan yang diampu langsung Guntur Bagus Tri Atmojo, S.STP., M.Sos., Pranata Hubungan Masyarakat pada Sekretariat Daerah Asisten Administrasi Umum Biro Administrasi Pimpinan Bagian Protokol.

Selanjutnya, pada Selasa, 5 Desember 2023 dijadwalkan paparan materi dari Rizqiani Putri, Communication Facilitator, serta Chintya Aprillia, S.I.Kom, M.M., Co-Founder & Director At Socioworks. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Desain Foto: MN. Cahaya
Highlight: Rian