Berita

Surabaya, 15 September 2023

Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (FUF-UINSA) Surabaya menyelenggarakan kegiatan “Penyusunan Skema Sertifikasi Profesi dari FUF UINSA”, Kamis-Jumat 14-15 September 2023 di Greensa in Juanda, Sidoarjo. Hadir pada pertemuan tersebut Pimpinan Fakultas, Jurusan, Program Studi, Para Dosen dan Tenga Pendidikan di FUF UINSA. Kegiatan ini dibagi dalam dua sesi besar, sesi hari pertama penyampaian materi dari pakar terkait penyusunan skema sertifikasi profesi. Dua Pakar dihadirkan yakni Jauhar Faradis Manajer Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Dr. Nurul  Susanti Direktur Kadin Institute.

Kegiatan “Penyusunan Skema Sertifikasi Profesi” dibuka oleh Dekan Dekan FUF Prof. Abdul Kadir Riyadi, M.Ssc, Ph.D. Pada sambutan pembukaan beliau menyampaikan pentingnya penyusunan skema sertifikasi yang berbasis pada profil program studi yang ada di FUF UINSA. Supaya mahasiswa bisa mendapatkan rekognisi atas kompetensi yang mereka miliki dengan ikut uji kompetensi di LSP UINSA.

Jauhar Faradis Manajer Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada presentasi materi menyampaikan manfaat sertifikasi profesi mulai peningkatan skill untuk memenuhi SKKNI, meningkatkan pemahaman tentang lingkungan kerja, selain sebagai pendamping ijazah. Selain itu disampaikan pula sumber primer pembuatan sertifikasi profesi adalah profil lulusan dari masing-masing program studi.

LSP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan LSP pertama di lingkungan PTKIN. Saat ini memiliki tiga belas skema sertifikasi, dan direncanakan akan menambah dua puluh satu skema sertifikasi baru. Sedangkan LSP UIN Sunan Ampel Surabaya merupakan LSP kedua di lingkungan PTKIN. Saat ini memiliki Sembilan sertifikasi profesi dari prodi-prodi di Fakultas Saintek. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat merencanakan menambah tiga skema sertifikasi baru melalui kegiatan tersebut. Setelah itu Dr. Nurul  Susanti Direktur Kadin Institute menyampaikan pengalaman dalam mendampingi pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan penyusunan skema sertifikasi profesi di berbagai lembaga/tempat.

Pada hari kedua, dilakukan penyusunan skema sertifikasi profesi  didampingi salah satu asesor dari LSP UIN Sunan Ampel Surabaya. Pada tahap penyusuanan dimulai dari menyepakati skema sertifikasi yang akan disusun oleh Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UINSA. Lalu dilanjutkan menyusun setiap skema sertifikasi profesi. Ada tiga skema sertifikasi yang disepakati bersama yaitu content creator, public speeking, dan fasilitator pemberdayaan masyarakat. Selanjutnya dilakukan penyusunan skema sertifikasi profesi yang dilakukan oleh tiga tim sesuai jumlah skema sertifikasi yang disepakati.