Berita

Sebagai mahasiswa prodi Ilmu Ekonomi yang akan terus berkecimpung dalam bidang perekonomian, mereka dituntut untuk memiliki kemampuan yang memadai mengenai teknik dalam menghitung data-data ekonomi makro Indonesia seperti Pendapatan Nasional, Hutang Luar Negeri, Cadangan Devisa, Neraca Perdagangan, Neraca Pembayaran dll. Penguasaan atas strategi dan teknik-teknik perhitungan dan analisis data ekonomi makro tersebut sangat penting bagi peningkatan kompetensi profil lulusan mahasiswa sebagaimana yang telah dicanangkan.

Setiap sektor ataupun bidang ekonomi makro memiliki karakteristiknya tersendiri yang bersifat unik. Untuk itu, di samping memahami jenis dan muatannya, juga sangat penting untuk memahami cara perghitungannya secara lebih detail. Tujuannya agar mereka memiliki kepekaan atas komponen-komponen penting dalam bidang ekonomi makro, serta meningkatkan komitmen mereka dalam ikut berpartisipasi dalam meningkatkan perekonomian bangsa dan negara. Kegiatan ini juga ditujukan untuk melatih mahasiswa dalam melakukan perhitungan data dalam bidang ekonomi makro di Indonesia secara lebih matang dan mendalam.

Pelaksanaan Kegiatan Praktek Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Semester 4  Prodi Ilmu Ekonomi bermaksud untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Fokus dalam kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan mahasiswa dalam konsep perhitungan data makro. Kegiatan Praktek Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Semester 4  Prodi Ilmu Ekonomi Bidang Perhitungan Data Makro Ekonomi  Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun 2021 ini dilaksanakan pada tanggal 08-09 Juli 2021.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Dr. H. Abdul Hakim, M.EI, kegiatan kemudian dimoderatori oleh Betty Silfia Ayu Utami, SE., M.SE. yang merupakan dosen prodi ilmu ekonomi. Adapun hasil kegiatan ini adalah terlaksananya kegiatan praktek pengembangan kompetensi mahasiswa semester 4  prodi ilmu ekonomi bidang perhitungan data makro Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya, yakni mahasiswa mampu memahami berbagai indikator makro dan cara menghitung komponen pembentuk PDB atau PDRB.

Adapun pemateri dalam kegiatan peningkatan kompetensi ini merupakan Akademisi FEB Universitas Airlangga Surabaya yakni Rumayya, SE., M.Reg. Dev.,Ph.D. dan serta Tulus Soebagijo, S.Si., M.Si yang merupakan Fungsional Statistisi Ahli BPS Jawa Timur. Beberapa materi yang disampaikan khususnya terkait aplikasi penggunaan data makro dan juga konsep siklus bisnis yang saat ini sedang dialami oleh masyarakat Indonesia. Konsep siklus bisnis ini menjelaskan bahwa  siklus bisnis dimulai dari palung (trough) ke  puncak (peak), di fase ini output  dan lapangan kerja meningkat. Fase resesi adalah fase siklus bisnis  dari puncak (peak) ke palung  (trough), dimana di fase ini output  dan lapangan kerja menurun. Kegiatan peningkatan kompetensi kemudian ditutup dengan praktek dan simulasi proses analisis data makro.