Berita

PENGUATAN KOMPETENSI MAHASISWA PPI: SIAP MENJADI ENTERPRENEUR

Program Studi Pemikiran Politik Islam (PPI) mengadakan acara Penguatan Kompetensi Mahasiswa (PKM) yang bertempat di Gedung B4 lantai 1 Fakultas Ushuludin dan Filsafat. Acara ini diadakan pada tanggal 15 Maret 2023 mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Mengangkat tema “Siap Menjadi Pengusaha, Enterpreneur On My Way”, acara ini turut mengundang Direktur PT Tabassam Group yaitu Moh. Sholehuddin.

Suasana acara sangat kondusif dan cukup hangat. ” Saya sejak pertama bertemu pemateri, saya langsung terkesan. Sehingga saya ingin menghadirkan beliau untuk berbagi ilmu di fakultas ini.” Ujar Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof Abdul Kadir Riyadi, Ph.D dalam sambutannya.

Pada acara ini, narasumber menjelaskan banyak hal menarik untuk didengar oleh mahasiswa yang tertarik dengan dunia enterpreneur. Mulai dari proses perkembangan usahanya. Usahanya sendiri berawal dari istrinya yang diberikan beberapa unggas oleh seseorang yang mempunyai sebuah perusahaan. Berangkat dari sana lah usahanya dimulai dari usaha ayam potong hingga bisa sebesar ini. Usaha yang dilakukan pun tidak mudah, hingga narasumber mengumpamakan dengan usaha harus berakit rakit ke hulu terlebih dahulu.

Selain usaha tentang peternakan, narasumber hebat ini juga memiliki usaha travel dalam bidang haji dan umroh. Awal usaha travel ini dimulai pun karena pengalamannya yang sering ditipu oleh beberapa pihak yang mengatasnamakan sebuah travel. Hingga akhirnya beliau membuat usaha travel sampai saat ini.

Sedikit tips dan trik yang diajarkan narasumber untuk menemukan formula agar unggas-unggas memiliki kualitas yang baik yakni, teliti unggas satu persatu, mulai dari tubuhnya, jenis makanannya dan lain sebagainya tentang unggas tersebut. Menyangkut hal-hal yang akan membuat perkembangan unggas menjadi lebih baik.

Menariknya perusahaan ini sudah memiliki banyak perusahaan yang terletak di beberapa daerah, seperti didaerah Jombang, Kediri dan masih banyak daerah lainnya.

“Hidup ini harus selalu punya planning untuk kedepannya” sedikit ujaran menarik yang membuat mahasiswa PPI berpikir agar bisa menata bagaimana masa depannya. Mindset pengusaha harus dimiliki oleh calon pengusaha.

Penjelasan merujuk pada data data konsumsi protein dan konsumsi daging ayam pada masyarakat di beberapa negara.

Kunci seorang pengusaha harus mengetahui tentang Integritas, himmah, Istiqomah/kontinuitas dan hikmah.

Integritas yang berisi tentang pengaplikasian sifat jujur (صديق), dapat dipercaya (امانة) dan bijak (فطانة). Karena konsumen memang selalu mempertimbangkan itu semua. Seperti contoh toko biasa yang terletak pada sekitar rumah dengan perlakuan biasa saja, akan berbeda dengan toko yang memiliki perlakuan yang lebih sopan atau bijak pasti berbeda. Meskipun hanya sekedar mengucapkan “selamat datang” “selamat pagi” dari karyawan, namun konsumen akan merasa senang dan akan ada keinginan untuk datang kembali.

Himmah yang berisi kemauan yang keras, kemauan dan kemampuan harus di imbangi dengan kesiapan serta harus memiliki reward dan punish. Sifat dan perilaku tersebut harus ada pada diri seorang pengusaha.

Pepatah Arab pernah membahas tentang Istiqomah atau kontinuitas, bunyinya seperti ini “lebih utama dari 1000 karomah, dan tumbuhnya karomah dengan menjaga Istiqomah “

“Market oriented Dan sales oriented” teori Sholehuddin yang harus digaris bawahi dalam mendirikan sebuah usaha.

“Hikmah dari usaha yakni, satu mitra bisnis kita yang berhasil akan membawa 100 mitra bisnis yang baru.” Pungkas Moh. Sholehuddin.

Acara ini disempurnakan dengan dialog interaktif dengan para peserta. Antusias yang begitu tinggi akhirnya membuahkan hasil dalam upaya pembentukan konsorsium pengusaha muda mahasiswa. “tawaran dari pak sholehuddin akan kami tindak lanjuti. Mahasiswa akan kami kumpulkan untuk memulai aksi nyata dalam hal berbisnis. Tentu, Tawaran pak sholeh sebagai mentor wajib kita realisasikan” Ujar Ketua Program Studi PPI, M. Anas Fakhruddin, S.Th.I, M.Si.