Berita
Penguatan Kompetensi dan Persiapan Sertifikasi Account Officer Pratama Lembaga Keuangan

Di era industri 5.0 ini mahasiswa ekonomi syariah dituntut tidak cukup hanya memahami teori perbankan dan bisnis saja, melainkan mereka didesak untuk cakap pada prosesnya di lapangan. Bahkan, mahasiswa ekonomi syariah juga harus akrab dengan teknologi dan kecanggihannya. Mahasiswa yang produktif bukan dilihat dari seberapa banyak organisasi atau kegiatan yang diikuti, namun banyaknya organisasi atau kegiatan tersebut dapat mengantarkan pada mimpi, cita-cita para mahasiswa.

Account officer acap kali dianggap sebagai sales padahal keduanya merupakan hal yang berbeda apalagi dalam menjalankan tugasnya seorang account officer banyak dituntut untuk mampu dan bisa menemukan nasabah yang tepat tanpa membuat bank rugi. Seminar yang dibawakan secara langsung oleh para pakar account officer, Mochammad Edy Prayitno SE.,M.BA.,MH.,QIA selaku komisariat Bank DAM Syariah, Eko Bagus Cahyo Purnomo selaku Analis Pembiayaan Bank Jatim Unit Usaha Syariah, dan Emir Syafial selaku Branch Manager Bank Syariah Indonesia. Seminar ini diselenggarakan oleh Prodi Ekonomi Syariah di lantai 7 gedung FEBI Selasa, (20/09/2022). Seminar yang membahas mindset pebisnis dan account officer ini bertujuan untuk menemukan nasabah atau pembeli yang tak banyak merugikan perusahaan.

Apa itu AO???

AO yang merupakan singkatan dari account officer adalah orang yang memiliki tanggung jawab menangani berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan nasabah. Tugasnya adalah melakukan sosialisasi kepada segmen tujuan masyarakat dan juga melakukan uji kelayakan calon nasabah. Selain itu, AO merupakan orang yang kesehariannya melakukan observasi dan mencari serta mengumpulkan dana dari para nasabah, sehingga AO harus memiliki sikap yang teliti, sabar, konsisten dan tetap tersenyum. Sifat itulah yang menjadikan seorang AO bisa mengumpulkan dana, serta mencari nasabah sesuai tujuan yang telah ditetapkan

Perbedaan AO dengan Sales

AO adalah orang yang mencari nasabah serta melakukan analasis terhadap calon nasabah itu, dan juga AO harus menjaga bank agar terhindar dari kerugian sedangkan sales hanya seputar menjual produknya tanpa menganalisis nasabah yang dipilih.

Harapannya setelah mahasiswa mengetahui apa itu AO serta tugas yang diembannya, mahasiswa dapat memiliki mindset yang maju kedepan serta tak ragu lagi untuk menjalankan sebuah usaha.

“Sebuah penghambat kesuksesan yang patut di hilangkan dalam mindset kita adalah pertama kata tidak mungkin dan yang kedua adalah kalimat tidak bisa,” ujar Komisariat Bank DAM Syariah, Bapak Edy. [misp]