Berita
PENANDATANGANAN KERJASAMA FAKULTAS FILSAFAT & USHULUDDIN UINSA DENGAN FAKULTAS FILSAFAT UKWMS

PENANDATANGANAN KERJASAMA FAKULTAS FILSAFAT & USHULUDDIN UINSA DENGAN FAKULTAS FILSAFAT UKWMS

Surabaya, 2 November 2022

Dalam rangka peningkatan kualitas tridarma perguruan tinggi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (FUF-UINSA) melakukan penandatanganan Kesepakatan Kerjasama  (MoA) dengan Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Kesepakatan kerjasama ini untuk memformalisasi kerja bareng yang dilakukan sebelumnya dan merancang berbagai kegiatan bersama pada waktu mendatang.

Hadir pada kegiatan tersebut  Dekan Fakultas Filsafat  UKWMS Untara Simon, M.Hum. didampingi  Wakil Dekan  Datu Hendrawan, M.Hum dan sejumlah dosen. Sementara dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat hadir Dekan Prof. Abdul Kadir Riyadi, M.A, Ph.D didampingi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Andi Suwarko, M.Si dan sejumlah dosen. Penandatanganan kerjasama terasa istimewa karena disaksikan langsung oleh Pimpinan kedua Universitas, yakni Rektor UKWMS Koencoro Foe Ph.D dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UINSA Prof. Dr. Ali Mudhofir, M.Ag.

Kegiatan penendatanganan kerjasama diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan kitab suci dari dua agama, yakni Islam dan Katolik, lalu sambutan dari kedua universitas. Kemudian masuk pada acara inti penandatanganan Kesepakatan Kerjasama  (MoA) antara Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel dengan Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) diiringi dengan penyerahan naskah kerjasama dan cendera mata. Kegiatan acara ditutup dengan doa dari dua agama. 

Bentuk kerjasama yang disepakati kedua fakultas dari dua  universitas tersebut difokuskan pada peningkatan mutu akademik dan penguatan sumberdaya manusia berupa visiting lecturer, visiting student, kelas bersama, short course, publikasi kolaboratif, seminar dalam skala nasional maupun internasional, dan sebagainya. Durasi waktu kerjasama ini berlangsung selama lima tahun, 2022-2027.

Pada kegiatan tersebut diselingi dengan pembacaaan puisi oleh mahasiswa dari kedua fakultas. Puisi pertama dibacakan oleh Yustinus Yubieleo mahasiswa Fakultas Filsafat  UKWMS. Sedangkan Puisi kedua dibacakan oleh Moch Arfanda Sirojul mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UINSA diiringi dengan musik. Juga dirangkaikan dengan kegiatan seminar nasional dengan tema “Peran Filsafat dan Agama pada Era Society 5.0”.