Berita

Perpustakaan

Monday, 22 August 2022

Pelatihan Kepenulisan Part1: Langkah Awal Implementasikan Research Based Library melalui Budaya Menulis

Jumat, 19 Agustus 2022. Melanjutkan rangkaian kegiatan dalam program Pembinaan Penulisan Karya Tulis Ilmiah, perpustakaan kembali melaksanakan pelatihan kepada pustakawan di ruang pelatihan 1 perpustakaan UINSA. Kegiatan ini sebagai bentuk implementasi dari tagline perpustakaan, yakni Excellence Service and Research Based Library. Disamping memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sebagai bentuk pendidikan atau pembelajaran dan pengabdian, pustakawan juga memiliki kewajiban di bidang penelitian melalui karya inteletual terpublikasi.

Hadir secara langsung pada sesi ini, Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. (kepala perpustakaan) sebagai narasumber. Pelatihan yang membahas tentang “Pemetaan Problem dan Penentuan Judul Penelitian” ini dihadiri seluruh pustakawan dan mahasiswa binaan dari program sarjana maupun pascasarjana. Pelibatan mahasiswa dalam kegiatan ini sebagai bentuk kemitraan pustakawan dengan mahasiswa dalam menginisiasi rintisan pendirian jurnal perpustakaan yang akan memperkaya khazanah jurnal di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan diawali dengan saling memperkenalkan diri antar para peserta dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber. Pada sesi pemaparan materi, kepala perpustakaan menegaskan bahwa hasil penelitian akan menunjukkan posisi mencounter atau mendukung hasil penelitian sebelumnya.

“Oleh karena kita harus banyak membaca penelitian-penelitian terdahulu untuk menemukan novelty penelitian kita. Dengan kata lain, pentingnya penekanan urgensi membaca penelitian terdahulu, sehingga penulis atau peneliti dapat menunjukkan state of the art sekaligus teori yang akan digunakan dalam penelitian. ”tegas kepala perpustakaan.

Setiap peserta diberikan tugas untuk menentukan tema riset sesuai bidang kerja sekaligus pemaparan latar belakang berbasis kegiatan di perpustakaan. Di akhir kegiatan, kepala perpustakaan mengingatkan bahwa target dari kegiatan pembinaan penulisan karya tulis ilmiah adalah produk berupa artikel yang terpublikasi pada jurnal terakreditasi. (Dep/HS)