Berita

PAPARAN INOVASI TARGET KINERJA PIMPINAN, INI PESAN REKTOR

UINSA Newsroom, Jumat (10/02/2023); Pasca ceremony pembukaan Rapat Kinerja 2023, sesi panel dibuka dengan paparan enam inovasi target kinerja pimpinan tahun 2023. Sesi panel dibuka dengan paparan inovasi para Wakil Rektor, dilanjutkan Dekan dan Direktur Pascasarjana, serta Kepala Pusat pada UINSA Surabaya.

Kegiatan rapat kerja yang mengusung tema besar, ‘Exceeding Targets 2023: Inovasi, Lelang IKU dan Beta Testing Transformasi PTN-BH’ digelar pada Kamis-Sabtu, 09-11 Februari 2023 di Bale Banjar Hotel Grand Inna Kuta Bali.

Dipandu langsung Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Ahmad Yusuf, M.Kom., paparan pertama disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag. Terdapat enam inovasi dibawa koordinasi Warek AK, yang dalam hal ini mencakup fungsi Bidang Akademik serta Kemahasiswaan dan Alumni.

Enam inovasi yang disampaikan Warek AK antara lain: (1) Deteksi Dini Heregistrasi; (2) Regulasi Keketatan antara IPK dan KTW (3) Zero AA (Asisten Ahli); (4) Ekspos Produk Inovasi Pembelajaran pada Jenjang Nasional dan Internasional (AICIS); (5) Akselerasi Konsorsium Bidang Ilmu dan Jejaring Rumpun Ilmu Internasional; dan (6) Inkubator Marketable Pusat Studi berbasis Keilmuan Prodi-20 Pusat Studi.

Selanjutnya inovasi layanan dari Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK), Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag., yang terdiri dari tujuh item. Antara lain (1) SPJ kegiatan 7 hari berbasis aplikasi keuangan; (2) UKT rendah untuk mahasiswa Asing; (3) Men-value-kan semua aset tetap UINSA (2 M); (4) Integrasi layanan internal kampus berbasis super app; (5) Reward SDM unggul atau unit keren SPD luar negeri; (6) Implementasi tarif layanan kunjungan 500 RPL 135; dan (7) Anggaran student exchange wajib untuk fakultas dan Pascasarjana.

Terakhir, paparan inovasi layanan dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. Terdapat 13 inovasi yang dipaparkan dalam kesempatan ini. Antara lain: (1) Memfasilitasi mahasiswa dalam bidang bakat minat di bidang seni musik dengan mendirikan studio musik dan studio rekaman audio visual untuk UKM Musik; (2) Coaching pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa; (3) Digitalisasi      Media friendly public relations dengan fasilitas sarana Press Room; (4) Three Minute speech Competition (3 bahasa: Indonesia, Arab, English).

(5) Coaching bakat, minat dan prestasi mahasiswa secara berkelanjutan untuk mendongkrak prestasi mahasiswa di level nasional dan internasional; (6) Memaksimalkan kerjasama UINSA dengan Kabupaten/Kota di Jawa Timur; (7) Startup Business Student Competition; (8) O week – Pekan Raya Unit Kegiatan Kemahasiswaan.

(9) Annual Leadership Camp – untuk perwakilan ormawa dan mahasiswa berprestasi; (10) Publication and Writing Coaching for Students; (11) Music and Content Creator Festival; (12) One Semester One MoU with Overseas Institution; dan (13) Merealisasikan berdirinya Career Center.

Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., yang mendampingi penuh selama kegiatan memberikan banyak masukan kepada masing-masing bidang. Untuk bidang Akademik dan kemahasiswaan misalnya, Rektor memberikan arahan, agar sesegera mungkin melakukan upaya sistematis untuk memutus rendahnya ketepatan waktu lulus.

Tiga Resolusi UINSA Tahun 2023, yang terdiri dari Digitalisasi, Internasionalisasi, dan Income Generating menjadi acuan dasar dalam membuat inovasi pada masing-masing bidang. Tak terkecuali pada bidang AUPK yang dihimbau agar layanan manual menjadi berbasis digital. “Mohon semua sekarang, transaksi kita di Super Apps,” imbuh Prof. Muzakki.

Pada Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Rektor menegaskan pentingnya layanan after education pay. Termasuk didalamnya mengenai treasure study dan review kurikulum. “Menurut saya, perlu ada talent pool untuk dunia akademik supaya membantu capaian kita di dunia akademik,” tukas Prof. Muzakki. (Nur-Rzq/Humas)