Berita

Hari Kamis 09 Februari 2023, UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan outlook target kinerja tahun 2023. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Grand Inna Kuta, Bali ini dihadiri oleh para pimpinan mulai dari Senat, Rektor, Wakil rektor, kepala UPT, lembaga, dan para dekan beserta wakil dekan di setiap fakultas. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Sambutan sekretaris senat, Dr. KH. Ah. Ali Arifin, MM. menmbuka rangkaian kegiatan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terkait dengan niat yang lurus dalam mengikuti kegiatan dengan fokus dari awal hingga akhir.

Kegiatan dilanjutkan dengan arahan rektor UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam arahannya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip., SEA., M.Phil., Ph.D menyampaikan bahwa prinsip penting saat ini adalah: “You buy your future with the current price” (membeli masa depan dengan harga hari ini). UINSA di masa mendatang harus dibeli masa depannya dengan harga sekarang. Pernyataan ini dimaksudkan bahwa setiap civitas akademik harus memiliki kinerja yang baik dan mampu berinovasi untuk kemajuan institusi. UINSA bukan hanya membutuhkan orang baik, melainkan juga membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermanfaat. Dengan SDM itulah akan muncul berbagai inovasi yang tentu sangat berpengaruh pada masa depan UINSA.

Dari hasil rapat pimpinan sebelumnya, tercatat sebanyak 260 inovasi yang telah dilakukan, baik dari fakultas, lembaga, dan unit lainnya. FTK sendiri memberikan kontribusi lebih dari 20 inovasi yang telah dilaksanakan antara lain Student Gathering dan Hotline WD-3, Digitalisasi Database Kepegawaian, Persuratan online mahasiswa, SATe PraDA: Learning Management System PLP dan PMPI, SIAKEPO (Sistem Informasi Alumni & Kemahasiswaan PGMI Online berbasis web), KEMISTRI (Kerjasama Mitra Sekolah dan Lembaga Internasional). Dan di tahun 2023 masih banyak inovasi yang siap direalisasikan seperti inter university collaborative teaching, E-Raport Mutu Akademik Dosen, serta masih banyak layanan akademik dan non-akademik lainnya.

Untuk menuju peralihan status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), target kinerja yang telah dicapai di tahun 2022 akan disempurnakan dan ditambah dengan target baru di tahun 2023. Persentase ketercapaian kinerja tahun 2022 dapat dilihat melalui beberapa indikator yaitu IKU, IKT, IKK 5 Pilar, IKK Inovasi Umum dan IKK Distingsi. Untuk mencapai PTN-BH beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya ialah 1) Tridharma PT yang bermutu; 2) Tata kelola Organisasi yang baik, 3) Kelayakan Finansial, dan 4) Tanggung Jawab Sosial. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan siap mendukung memenuhi indikator dan syarat-syarat tersebut sehingga UINSA semakin siap untuk melangkah menuju PTN-BH.