Berita

OUTLOOK TARGET KINERJA 2023; UINSA HARUS SEHAT TANPA KRISIS

UINSA Newsroom, Kamis (09/02/2023); “Yang dibutuhkan oleh UINSA ini bukan sekedar orang baik. Yang dibutuhkan UINSA hari ini dan masa-masa yang akan datang adalah UINSA dengan dilengkapi oleh SDM yang bermanfaat, bukan sekedar baik,”

Kegiatan dengan tema, ‘Outlook Target Kinerja UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun 2023’ resmi digelar pada Kamis, 09 Februari 2023 di Bale Banjar Hotel Grand Inna Kuta Bali. Rektor UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dalam sambutannya pun berpesan tentang pentingnya menjaga kesehatan lembaga guna menghindari krisis.

Berkaca pada kondisi pandemi Covid-19, Rektor menjelaskan, bahwa munculnya krisis multidimensi karena adanya krisis kesehatan yang terjadi secara berkepanjangan. “Maka, kalau ada masalah, ada tantangan yang ada di UIN Sunan Ampel Surabaya ini tidak boleh berkepanjangan. Harus diselesaikan, supaya tidak menjadi krisis,” ujar Prof. Muzakki.

Rektor juga menegaskan, pentingnya untuk merespon sekecil apapun masalah yang terjadi di ruang publik. Karena, menurut Rektor, masalah kecil yang diabaikan dapat menjadi bumerang di kemudian hari. “Saya mengajak kepada kita semua. Unit, Lembaga, Fakultas, UPT, Sosmednya diaktifkan, one day one post, one day one release untuk berita,” imbuh Prof. Muzakki.

Dalam hal publikasi, Rektor juga menginstruksikan secara khusus kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama untuk mengumpulkan seluruh karya mahasiswa Program Sarjana maupun Pascasarjana. Sinopsis dari karya ilmiah mahasiswa inilah yang nantinya akan dikonversi menjadi karya populer.

“Kalau kita ingin mengejar capaian level internasional, satu yang tidak bisa dilupakan, soal publikasi,” tegas Prof. Muzakki.

Melalui kegiatan Rapat Kerja ini, Rektor berharap masing-masing pimpinan pada unit dapat membangun kembali target-target kinerja pada tahun 2023. “Kita berharap pada dua hari ini, kita bisa menyelesaikan semua yang kita butuhkan untuk target kinerja kedepan. Sehingga di akhir tahun akan kita evaluasi mana yang berjalan dengan baik dan mana yang tidak. Dan itu akan menjadi catatan kita bersama,” tukas Prof. Muzakki.

Kegiatan rapat kerja yang mengusung tema besar, ‘Exceeding Targets 2023: inovasi, Lelang IKU dan Beta Testing Transformasi PTN-BH’ tersebut mengagendakan paparan dari masing-masing pimpinan Unit. Sesi panel dibuka dengan paparan inovasi para Wakil Rektor, dilanjutkan Dekan, serta Kepala Pusat pada UINSA Surabaya.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag., dalam laporan selaku ketua panitia menjelaskan, bahwa Rapat Kerja ini digelar dalam rangka memantabkan kembali capaian yang telah dicapai pada tahun 2022. Tiga resolusi tahun 2023 yang meliputi Internasionalisasi, Digitalisasi, dan Income Generating pun menjadi dasar pimpinan pada unit untuk menciptakan inovasi layanan dan kinerja. “Outcome dari kegiatan ini tentu menjadi pedoman pelaksanaan kerja unit berdasarkan IKU, IKT, dan mapping pelaksanaan PTN-BH UIN Sunan Ampel Surabaya,” terang Prof. Wiwik.  (Nur-Rzq/Humas)