Berita

Setelah melakukan kegiatan Refreshment Dosen Lokakarya PPG Dalam Jabatan Tahun 2021, LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar acara Orientasi Lokakarya Mahasiswa   PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 PAI dan Madrasah yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting pada hari Minggu, 11 Juli 2021. Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00-08.30 WIB untuk proses registrasi masuk ke dalam ruang virtual zoom meeting dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Sebanyak 300 lebih mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2021 PAI dan Madrasah LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya mengikuti kegiatan dengan seksama. Kegiatan ini digelar dalam rangka mempersiapkan para mahasiswa PPG yang akan memulai kegiatan Lokakarya PPG yang dilaksanakan secara daring melalui Learning Management System (LMS) SPACE pada 12 Juli 2021 mendatang.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Fahmy Imaniar, M.Pd sebagai Master of Ceremony (MC) kemudian dilanjutkan oleh sambutan sekaligus membuka kegiatan refreshment yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sekaligus sebagai Ketua Pelaksana PPG Dalam Jabatan Pendidikan Agama Islam (PAI) LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Ah Zakki Fuad, M.Ag. Susunan acara terdiri dari Orientasi Lokakarya pengenalan dan latihan simulasi LMS (Learning Management System) SPACE yang akan digunakan selama proses Lokakarya dan PPL PPG, Pembuatan video pembelajaran, dan Pembuatan serta upload konten youtube. Mengingat pada kegiatan lokakarya dilaksanakan secara daring, maka dibutuhkan kemampuan mahasiswa dalam membuat video pembelajaran dan mengunggahnya pada platform youtube. Acara diisi oleh para narasumber dari LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya, yakni Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd dan Joko Liswadi, S.Kom sebagai TIM IT LMS SPACE PPG, Nailil Inayah, M.Pd dan Juhaeni, M.Pd.I yang memaparkan materi pembuatan video pembelajaran, Nina Indirani, M.Pd dan Wahyuni Fajar Arum, M.Pd yang memaparkan materi pembuatan dan upload video konten di platform youtube.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Tarbiyah dan Keguran sekaligus sebagai Ketua Pelaksana PPG Dalam Jabatan Pendidikan Agama Islam (PAI) LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya Prof. Dr. H. Ah Zakki Fuad, M.Ag dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta PPG karena telah melewati fase pendalaman materi PPG selama satu bulan dengan baik. Beliau juga berpesan agar mahasiswa dapat mengikuti kegiatan Lokakarya dan PPL selama dua bulan kedepan dengan baik dan dengan penuh rasa tanggung jawab, karena pada tahap lokakarya dan PPG ini merupakan tahap terpenting dalam agenda menuju guru yang professional.

Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan terkait pengenalan dan latihan simulasi LMS (Learning Management System) SPACE yang akan digunakan selama proses Lokakarya dan PPL PPG oleh Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd dan Joko Liswadi, S.Kom. Pemateri memaparkan bahwa ada beberapa tahapan dari kegiatan lokakarya yang harus dilaksanakan oleh para peserta, yakni Persiapan Perangkat Pembelajaran, Review & Peer Teaching, Uji Komprehensif, dan PPL.

Selanjutnya dalam pemaparan tersebut, dijelaskan secara rinci penggunaan LMS SPACE Kemenag untuk kegiatan Lokakarya dan PPL. Mulai dari proses masuk (login) dengan akun mahasiswa, proses unggah tugas, proses diskusi pembelajaran, penilaian penugasan oleh dosen, hingga proses remedial sembari disimulasikan fitur-fitur yang tersedia di dalam setiap tahapan kegiatan. Para narasumber dari TIM IT juga menjelaskan bahwa adanya pengembangan fitur LMS SPACE yakni penambahan fitur plagiarism check yang dapat mengukur sejauh mana kemiripin hasil jawaban tugas mahasiswa dengan mahasiswa lainnya di seluruh LPTK penyelenggara PPG Dalam Jabatan 2021 dan penambahan vitur video conference yang bukan hanya menggunakan aplikasi Jitsi, namun bisa menggunakan platform google meeting dan zoom meeting. Dalam perangkat pembelajaran dan media pembelajaran, peserta PPG diharuskan mengupload video praktik pembelajaran yang terdiri dari 3 bagian, yakni pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang hasil videonya harus diupload di youtube dan dicantumkan link nya di dalam LMS.

 Setelah pemaparan terkait LMS SPACE Kemenag, mahasiswa PPG kemudian mendapatkan pemaparan materi terkait pembuatan video pembelajaran dan editing video dengan menggunakan aplikasi Kine Master. Juhaeni, M.Pd.I mengawali pemaparan materi tentang tips dan trik untuk membuat video pembelajaran agar terlihat bagus dan menarik. Ia menjelaskan ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan video pembelajaran, yakni memperhatikan pencahayaan, posisi HP/Kamera, kualitas suara, kestabilan perangkat perekam dan mengecek kapasitas penyimpanan.

Setelah penjelasan tips dan trik pembuatan video pembelajaran, peserta lokakarya yang merupakan mahasiswa PPG Daljab ini kemudian diberikan simulasi mengedit video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Kine Master oleh Nailil Inayah, M.Pd. Para peserta sangat antusias menyimak praktik dan simulasi editing video yang diberikan, dimulai dari memotong video, menambahkan teks pada video, memberikan effect, merekam suara sampai pada menambahkan instrumen musik pada video pembelajaran yang telah dibuat.

Pada sesi akhir pemaparan materi, mahasiswa PPG melakukan diberikan waktu untuk simulasi dan praktik cara membuat akun youtube dan mengupload konten video pembelajaran yang telah diedit dan dipandu oleh narasumber Nina Indriani, M. Pd dan Wahyuni Fajar Arum, M.Pd. Dengan demikian, mahasiswa dapat langsung menyampaikan apabila ada kesulitan dalam proses upload video sampai kepada proses share link video youtube di LMS. Peserta juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan pada narasumber melalui chat box atau raise hand.

Sebelum acara orientasi ditutup, MC memandu peserta untuk melakukan sesi foto bersama dan memberikan semangat kepada seluruh peserta yang merupakan mahasiswa PPG dan menyampaikan bahwa perjuangan menuju guru yang professional belum berakhir. (FTK/UINSA)