Berita
Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya sukses menyelenggarakan Volunteer Training Batch 5 dalam rangkaian acara Pisah Sambut dan Bina Volunteer di Gedung Student Central UINSA, lantai 1 Kampus Ahmad Yani Surabaya pada tanggal 6 Agustus 2024. Acara yang melibatkan mahasiswa berbagai program studi ini bertujuan memberikan pelatihan skill bagi volunteer baru Pusat Pengembangan Bahasa sekaligus memberikan apresiasi kepada volunteer angkatan empat atas kontribusi mereka selama menjadi volunteer di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya. Acara dibuka dengan sambutan dari Dr. Mohamad Budiono, Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya, didampingi oleh Dr. Taufiqurrohman, M.Pd.I. Keduanya menyampaikan penghargaan kepada volunteer lama atas dedikasi mereka serta menyambut volunteer baru dengan penuh antusiasme. Dr. Taufiqurrohman juga memberikan motivasi kepada para volunteer agar tetap konsisten dalam menjaga semangat hingga masa tugas mereka berakhir. “Jangan hanya bersemangat di awal, tetapi tetap jaga semangat itu hingga akhir masa volunteer,” pesannya.
Pada sesi utama, Fakhrizal, S.Kom selaku mentor training memberikan gambaran umum mengenai tugas dan tanggung jawab para volunteer, yang meliputi Tugas Umum dan Kode Etik, Poin Kinerja Volunteer, serta Kebijakan Pengulangan IBA IBI. Fakhrizal juga menjelaskan secara rinci tentang teknis pelaksanaan tugas yang akan diemban oleh para volunteer. Sesi dilanjutkan dengan Focus Group Discussion ke dalam divisi masing-masing untuk menerima pengarahan lebih detail sesuai dengan tugas spesifik di setiap divisi.
Keberadaan program volunteer training ini mencerminkan sinergi yang harmonis antara mahasiswa, dosen, dan tim Pusat Pengembangan Bahasa UINSA. Para volunteer P2B UINSA berperan sebagai mitra strategis yang bertanggung jawab dalam mengelola pembaruan media sosial serta digitalisasi berbagai layanan, memungkinkan P2B UINSA untuk terus berkembang menjadi lembaga yang semakin kompetitif, inovatif, adaptif dan progresif. Acara ini ditutup dengan suasana hangat melalui sesi refleksi yang semakin mempererat hubungan antar volunteer dan memperkuat solidaritas dalam mendukung misi Pusat Pengembangan Bahasa UINSA yang kompetitif, profesional, adaptif, dan kreatif.