Column
Syarif Thayib (Dosen FEBI UINSA, Co-Founder SEFT, PPIH Kloter 95 Surabaya)

Ahmad Faiz Zainuddin atau biasa dipanggil Afzan, penemu dan pengembang (founder) Spiritual Emotional Freedom Technique, disingkat SEFT, memberikan penguatan doa “salam” yang sebelumnya biasa kita ucapkan ketika berjumpa dengan sesama muslim dengan istilah “Salam Sepenuh Cinta”.

Video terbaru, praktek “Salam Sepenuh Cinta” ini sempat viral di beberapa media sosial. Penulis sendiri pertama kali membuka videonya ketika menunggu adzan Isya, di bawah Qubah Hijau Masjid Nabawi Madinah, bersama Jemaah haji Lansia Kloter 95 Surabaya yang penulis pimpin.

Doa “Salam Sepenuh Cinta” yang jika Anda praktekkan, akan membuat Tuhan jatuh hati. Menurunkan ‘Mukjizat’ (keajaiban)-Nya dan pertolongan-Nya, sehingga hidup Anda akan berubah.

Begini cara prakteknya, setiap pagi Anda bangun tidur, Anda niatkan dalam hati: “Wahai Allah, hamba persembahkan hidup hamba hari ini untuk berkhidmat, membantu makhluk-Mu yang lain”.

Lupakan dulu masalah Anda, stres Anda, sumpek Anda, tidak punya uang Anda, masalah rumah tangga Anda, simpan dulu semuanya..!! Jangan terlalu fokus dengan masalah Anda. Semakin Anda Self-Centered, menganggap diri Anda paling penting, semakin Tuhan males menolong Anda. Mengapa?

Karena Anda egois..!! yang dipikirkan hanya Anda sendiri..!! Jadi Tuhan tidak punya alasan cukup kuat untuk membantu Anda. Karena itu harus diganti. Dengan cara apa?

Fokus membantu orang lain. Kalau Anda fokus berkhidmat pada makhluk Tuhan yang lain, Tuhan punya cukup alasan kuat untuk membantu Anda dengan mukjizat-Nya.

“Dia (Allah) berfirman, Kami akan menguatkan engkau (membantumu) dengan saudaramu, dan Kami berikan kepadamu berdua kekuasaan yang besar maka mereka tidak akan dapat mencapaimu; (berangkatlah kamu berdua) dengan membawa mukjizat Kami, kamu berdua dan orang yang mengikuti kamu yang akan menang.” (QS. Al Qasas: 35)

Bagaimana cara membantunya? Sementara Anda sendiri sedang tidak punya uang. Mungkin Anda juga sibuk atau repot, dan seterusnya. Minimal bantu pakai doa. Hanya kali ini, doanya bukan doa basa-basi, tapi doa dengan sepenuh hati, sepenuh welas asih pada orang lain, yaitu Doa Sepenuh Cinta.

Lafadznya sama seperti yang Anda ucapkan selama ini, yaitu bacaan salam: Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hanya kali ini lebih diperkuat. Intinya, Anda niatkan sungguh-sungguh dalam hati, ketika Anda ucapkan salam itu, benar-benar untuk mendoakan keselamatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan orang lain. Niatkan dalam hati Anda yang paling tulus.

Assalamu’alaikum, semoga kalian benar-benar diselamatkan oleh Allah dunia – akhirat. Warahmatullah, semoga kalian semua dirahmati, disayangi, dicintai oleh Allah. Wabarakatuh, semoga Allah menurunkan keberkahan atas rezekimu, ilmumu, keluargamu, dan hidupmu.

Sudah itu, tiga saja..!! keselamatan, dicintai Tuhan, keberkahan rezeki, keluarga, dan hidupnya. Tiap ketemu orang, doakan seperti itu. Berhenti memikirkan masalah Anda selama seminggu ke depan, atau coba tiga hari ke depan. Bersihkan hati Anda dari memikirkan diri sendiri, atau mengkritisi orang lain. Fokus hanya ingin orang lain selamat, bahagia, dan sejahtera.

Tiap ketemu orang, doanya seperti itu. Mulai Anda bangun tidur niatkan seperti itu. Kalau Anda keluar rumah, doakan semua orang di sepanjang jalan dengan doa tiga itu.

Anda masuk kantor atau mungkin Anda tidak punya pekerjaan ketemu siapapun di jalan, Anda doakan seperti itu. Tidak peduli yang Anda temui itu orang baik atau orang jahat, atau orang tidak baik. Tidak peduli ustadz atau pelacur. Tidak peduli mereka orang jauh atau dekat. Tidak peduli Anda kenal atau tidak kenal, pokoknya asal itu manusia, doakan saja seperti itu.

Wahai Allah, semoga orang ini, Engkau selamatkan dunia akhirat, Engkau rahmati, Engkau sayangi, Engkau berkahi hidupnya, keluarganya, dan rezekinya. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Rasakan doa itu di hati Anda dengan rasa cinta yang paling tulus pada sesama, welas asih, loving kindness, Ro’ufur Rohim. Anda lihat orangnya dengan ‘Ainurrahmah, dengan pandangan yang penuh welas asih.

Anda boleh lihat satu persatu atau secara keseluruhan. Anda di Busway, lihat semua orang di Busway. Anda di jalan macet, lihat semua orang yang sedang kena kemacetan itu. Anda di kantor, lihat semua orang di kantor Anda. Anda di rumah, lihat semua orang di rumah Anda, doakan seperti itu semua.

Let see what happen. Perhatikan apa yang akan terjadi dalam hidup Anda. Insya Allah, Anda sedang mengirimkan sinyal ke alam semesta. Anda mengirimkan pesan pada Tuhan, bahwa Anda layak mendapatkan ‘Mukjizat’ (keajaiban) Tuhan. Mengapa?

Anda sayang pada umat dan seluruh makhluk di dunia ini. Maka Anda layak disayangi yang di langit. Disayangi oleh Tuhan dan seluruh Malaikat-Nya akan membantu Anda. Cobalah..!!

Kalau Anda bisa sterilkan hati tiga hari dari egoisme, dari menghakimi orang lain. Yang di hati Anda hanya ada rasa cinta, welas asih, Ro’ufur Rohim, loving kindness, kemudian hidup Anda tidak berubah lebih baik, Anda datangi Afzan, Anda ludahin dia, Anda tempelengi dia..!! Demikian Afzan tegaskan dalam video viralnya itu.

Bagi kami, tidak mungkin. Tidak mungkin ‘Mukjizat’ itu tidak terjadi. Insya Allah, irhamu man fil ardli, yarhamkum man fis sama’. Kalau Anda sayang dengan yang di bumi, pasukan langit akan menyayangi Anda.

Kalau Anda sudah membantu cukup banyak orang untuk sukses apa yang mereka inginkan, maka Tuhan punya alasan kuat untuk menurunkan ‘Mukjizat’-Nya kepada Anda. Sehingga membuat hidup Anda lebih sukses dan lebih bahagia.

Kita yakin 1000%. Please, sampaikan kepada kami keajaiban apa yang muncul dalam hidup Anda tiga hari atau seminggu ke depan. Serius. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.