Berita

Kegiatan magang yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) salah satunya mengambil tempat di Media Center NU Online Jatim. Para peserta magang terdiri dari 11 orang, yakni Ara, Naila, dan Mia (Prodi Studi Agama Agama) serta Dian Daniati, Nur Nadzia, Hosi Diana, Khusnia Evi Safitri, Dwiki, Khusnul Khuluq, Ainur Rofiq, dan Bagus (Prodi Aqidah dan Filsafat Islam).

Selama magang, para mahasiswa dibagi menjadi dua tim. Pertama, tim jurnalistik yang beranggotakan Dian Daniati, Nur Nadzia, Khusnia Evi Safitri, Bagus dan Ainur Rofiq sebagai content planner. Tim jurnalistik memiliki tugas seperti menulis berita, opini, wawancara, dan lain-lain yang berhubungan dengan kepenulisan. Kedua, tim media yang dibagi menjadi dua, yakni desain grafis dan videografis. Tim grafis beranggotakan Khusnul Khuluq, Dwiki, dan Ara. Sementara tim videografis beranggotakan Hosi Diana, Mia, dan Naila. Setiap Selasa, mereka berkumpul dan mendiskusikan terkait project kedepan. Di bulan Ramadan ini mereka menggagas project Ngaos (ngaji online santai) Ramadan.

Mereka mendapatkan banyak pengalaman yang berkesan serta keseruan-keseruan ketika melakukan diskusi bersama dengan tim media NU Online Jatim. Mereka bersama-sama bertukar pikiran atau menyalurkan ide. Salah satu mahasiswa magang, yakni Dian, berkisah pernah mewawancarai tokoh penting di PWNU Jatim yakni Gus Afif selaku Ketua Umum Lazisnu. Di saat harlah NU ke 101 yang dihadiri orang Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Rektor UINSA, Prof. Akhmad Muzakki, M.Ag., Grad.Dip. SEA., M.Phil., Ph.D, mereka juga bisa ikut berkontribusi secara langsung.

Kegiatan Diskusi Bareng (Sumber: Dokumen Pribadi)

Selama magang di NU Online Jatim mereka sangat bersyukur karena merasa mendapatkan banyak barokah. “Ibaratnya kita seperti mengabdi di sana dan sering bertemu dengan orang yang memiliki ilmu agama yang mumpuni, seperti para kiai. Pengalaman yang begitu berharga dan semoga kita dapat memberikan yang terbaik di NU Online Jatim. Karena ini merupakan pelajaran hidup yang sangat berharga bagi kami,” ujar Dian, salah satu mahasiswa magang.

Magang di Media Center NU Online Jatim merupakan langkah awal yang inspiratif bagi mereka yang ingin berkiprah dalam dunia digital. Dari pengalaman secara langsung hingga pembelajaran langsung dari para ahli, setiap momen menjadi sebuah kesempatan untuk tumbuuh dan berkembang. Fikri Mahzumi, M.FiI.I. selaku dosen pembimbing lapangan memberikan pesan kepada para mahasiswa agar mereka bisa terus belajar dan mengimplementasikan ilmu yang didapat saat melakukan magang tersebut. (Siti Uswatun Khasanah – Mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat)