Berita

Hari Senin, 8 Januari 2024, magang di MBKM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo yang terdiri dari 2 mahasiswa—Lisa Rosdiana dan Maharani Citra Tjahjana—dimulai. Magang MBKM ini sangat menantang, karena jika biasanya magang hanya berlangsung 1 bulan, maka magang MBKM berlangsung selama 4 bulan dan setara dengan 20 SKS. Selain itu, MBKM di KPU ini sangat menantang karena pada 14 Februari 2024 Indonesia memiliki hajatan Pemilu yang penyelenggaranya adalah KPU. Tidak mengherankan kemudian, jika mahasiswa MBKM di KPU sudah harus datang 5 minggu sebelum pelaksanaan Pemilu dimulai. Observasi untuk melihat dari dekat persiapan Pemilu, di samping terlibat dalam kerja di dalamnya, merupakan dua hal yang akan menambah pengalaman yang luar biasa.

KPU Sidoarjo sendiri terdapat empat divisi, yaitu divisi hukum dan sumber daya manusia, divisi teknis, divisi perencanaan, data dan informasi, serta divisi keuangan, umum, dan logistik. Pada hari pertama masuk, Lisa Rosdiana ditempatkan di divisi keuangan, umum, dan logistik, namun sekaligus juga membantu di divisi perencanaan, data, dan informasi untuk merapikan data pemilih yang ada di dua lapas. Di hari-hari setelah masuk, Lisa Rosdiana banyak membantu bagian keuangan untuk melengkapi data atau dokumen yang diperlukan dalam Surat Pertanggungjawaban (SPJ) bulan Desember dan menyusunnya menjadi satu laporan yang rapi, sesuai dengan cara penyusunan yang sudah ditentukan.

Selanjutnya di minggu kedua, tepatnya pada tanggal 23-24 Januari Lisa Rosdiana diberikan tugas untuk menjadi panitia di acara Training of Trainer (TOT) PPS dan PPK yang diadakan oleh pihak KPU Sidoarjo di Fave Hotel, Luminor Hotel, dan Sun Hotel.  Adapun Lisa sendiri ditugaskan di Fave Hotel dan Sun Hotel untuk menjaga daftar absensi peserta yang hadir dalam acara tersebut. Dalam acara tersebut dijelaskan mengenai alur logistik pemilu 2024, kebutuhan yang diperlukan saat pelantikan dan bimbingan teknis, penjelasan mengenai tata kerja, kode etik dan perilaku saat bimbingan teknis, dan DPTB serta mekanisme pemungutan dan penghitungan suara.

Sementara, Maharani Citra Tjahjana ditugaskan di Divisi Perencanaan, Data dan Informasi. Selama 3 minggu pertama, Maharani mendapatkan banyak pengalaman dan pekerjaan baru di KPU Kab. Sidoarjo. Dimulai di minggu pertama yakni Rapat Sinkronisasi Data KPPS & Kelanjutan Proses Upload Mandiri Melalui Aplikasi Siakba Dengan PPK Se-Kabupaten Sidoarjo. Di sini tugas yang dilakukan Maharani adalah sebagai panitia di bidang konsumsi. Selanjutnya di minggu kedua, Maharani fokus untuk tugas Proses Pelayanan Pindah Pilih. Kegiatan selanjutnya yakni Proses Pelayanan Pengubahan DPTB Pemilih. Di sini tugas Maharani adalah sebagai panitia di bidang pelayanan pengubahan DPTB secara online. Dan kegiatan terakhir yakni Proses Sinkronisasi Data Pemilih, yaitu sebagai panitia di bidang sinkronisasi data. Sebagaimana Lisa Rosdiana, Maharani juga terlibat di acara Training of Trainer (TOT) PPS dan PPK yang diadakan oleh KPU Sidoarjo. (AN)