Berita

Surabaya, Eftekamedia – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur menggelar kegiatan seminar Kampus Rakyat Terpilih Indonesia ( Karakter ID) di Surabaya. 15-16 Agustus 2023.

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) menyelenggarakan acara kegiatan seminar Kampus Rakyat Terpilih Indonesia di The Southern Hotel Surabaya selama 2 hari dan diikut oleh 30 peserta utusan dari beberapa kampus dan sekolah terpilih yang ada di Jawa Timur.

Kali ini Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya mengutus 8 orang untuk berpartisipasi mengikuti acara yang diadakan BNPT tersebut. Diantaranya terdapat empat mahasiswa dari Dema UIN Sunan Ampel Surabaya dan khususnya empat Mahasiswa terpilih dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan  UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada hari pertama kegiatan ini dibuka oleh Ketua FKPT Jawa Timur yakni Ibu Dr. Hj. Hesti Armiwulan,S.H.,M.Hum. pada pukul 08.30 WIB. Beliau memaparkan tujuan diadakan acara Karakter ID ini merupakan salah satu upaya pemerintah khususnya BNPT dalam meningkatkan peran serta pemuda dalam menyebarkan pesan-pesan perdamaian guna mencegah dan menanggulangi radikalisme, ekstremisme, dan terorisme. Beliau juga menambahkan, saat ini di Indonesia sekitar 64,92 juta jiwa (BPS, 2021) didominasi oleh pemuda yang berusia 19-24 Tahun sehingga pemuda menjadi salah satu sasaran yang rentan akan penyebaran paham radikalisme, ekstremisme, dan terorisme. Sebagai generasi penerus bangsa, pemuda mengambil peran aktif dalam menjaga perdamaian dan keamanan.

Di tempat yang sama Ketua Bidang Pemuda Pendidikan FKPT Jawa Timur, Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd mengatakan pengembangan karakter cinta tanah air bisa juga melalui media apapun termasuk media sosial pada masyarakat dengan melibatkan peran pemuda.

Lalu pada acara selanjutnya pemaparan materi oleh Dr. Hj. Hesti Armiwulan,S.H.,M.Hum. yang membicarakan materi mengenai “Kebijakan dan Strategi Pencegahan Terorisme di Kalangan Pemuda”. Dan Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd yang memaparkan materi mengenai “Peran Aktif Pemuda, Pelajar, dan Organisasi Kepemudaan dalam Pencegahan Terorisme”.

Pada puncak acara para peserta dibekali materi mengenai podcast yang disampaikan oleh Kak Tio dan juga semua peserta ditugaskan untuk membuat podcast dengan tema “Apa yang kalian lakukan apabila di lingkungan kalian terdapat orang yang terpapar Radikalisme?” Dengan durasi waktu 90 detik.

Di hari kedua, para peserta diajak untuk mendengarkan hasil karya mereka dan dipilih 5 karya terbaik. Diantara 5 terbaik tersebut dua mahasiswa FTK terpilih, yakni Saudara Moh. Fiqih Mujakki dan Saudari Reynitha Putri Bilqhis, lalu diseleksi Kembali ke tahap wawancara untuk menjadi juara yang akan mewakili Jawa Timur nantinya. Alhasil kandidat terbaik diraih oleh Saudari Sri Ruhiyatul Mutmainnah, perwakilan dari Jimly School Surabaya.

Acara sambutan penutupan disampaikan oleh Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag selaku Bendahara FKPT Jatim dan Wakil Dekan 1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. “Kegiatan ini tidak berhenti di ruang ini, keterlibatan pencegahan terorisme tidak hanya dilakukan BNPT dan FKPT sendiri tetapi kita saling bersinergi untuk melakukan hal itu, adik-adik bisa menyampaikan ke teman dekatnya dan berbagi ilmu melalui podcast agar bisa tersebar luas di seluruh Indonesia,” pesan beliau kepada seluruh peserta Karakter ID.

Kegiatan seminar Karakter ID ditutup dengan doa pada pukul 12.00 WIB oleh Kabid Agama Sosial Ekonomi dan Budaya FKTP Jawa Timur Ustadz Muchammad Arifin kemudian diakhiri dengan dokumentasi foto bersama.