Berita

Surabaya – (16/08/2024) Dalam rangka sukseskan mata kuliah publikasi bagi mahasiswa semester tujuh, Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) lakukan rapat koordinasi dengan dosen mata kuliah terkait. Rapat ini bertujuan untuk merumuskan strategi dan mekanisme pelaksanaan mata kuliah MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang mewajibkan mahasiswa semester tujuh untuk menulis artikel ilmiah.

Turut serta dalam rapat koordinasi, Nova Lusiana, M.Keb selaku Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) dan Dr. Lufiana Harnany Utami, S.Pd., M.Si selaku Ketua Prodi Psikologi dengan dibersamai segenap dosen mata kuliah publikasi. Dalam rapat tersebut, diputuskan bahwa mata kuliah publikasi berbasis keilmuan prodi akan difokuskan pada penerbitan karya ilmiah di jurnal ilmiah, prosiding, atau book chapter yang ber-ISBN. Dalam rapat ini juga dijelaskan bahwa terdapat enam belas kelas mata kuliah publikasi dengan sebaran tiga puluh dua dosen pengampu.

Mekanisme pemilihan luaran publikasi diserahkan kepada masing-masing dosen pengampu. Setiap kelas akan menghasilkan tiga jenis luaran, yaitu karya ilmiah yang ditujukan untuk jurnal ilmiah (oleh empat mahasiswa), karya ilmiah prosiding (oleh empat mahasiswa), dan karya ilmiah dalam book chapter (oleh tiga mahasiswa). Dosen pengampu memiliki wewenang untuk menentukan topik penelitian mahasiswa serta mengevaluasi kelayakannya.

Dengan adanya rapat koordinasi ini, diharapkan para dosen dan mahasiswa dapat bekerja sama secara efektif dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi
Editor: Najwa Laska Halqi