Berita

@Pengembangan Masyarakat Islam

Monday, 20 June 2022

Mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Angkatan Tahun 2020 Memajang Hasil Kreativitas dan Inovasi Melalui Pameran Teknologi Tepat Guna

Rabu (14/6) pagi, mahasiswa program studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) angkatan tahun 2020 menyelenggarakan pameran Teknologi Tepat Guna (TTG). Pameran ini dilaksanakan selama dua hari di lantai 1 gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi. 

Dibimbing oleh Nihlatul Falasifah selaku dosen mata kuliah Teknologi Tepat Guna. Pameran dari PMI ini terdiri dari 16 kelompok diantaranya memamerkan hasil inovasi yang telah dibuat sebelumnya, seperti filtrasi limbah laundry sederhana, alat cuci tangan injak, alat handsanitizar injak, heater air sederhana, aquaponik, komposter sampah organik, pembasmi nyamuk sederhana, alat penabur pupuk sederhana, trash filter show, vacum cleaner low budget, alat pembuat kompos sederhana, alat pembasmi rumput, hidroponik botol bekas, alat penyaring limbah minyak, dan sebagainya.

Pameran alat ini disajikan ditampilkan dengan menarik, dimana pengunjung dapat mengunjungi stand-stand kelompok mahasiswa yang sudah berjejer rapi. Setiap pengunjung stand dapat  melihat secara langsung alat-alat yang telah dibuat oleh mahasiswa PMI.

Sebagai bahan edukasi dan pengetahuan setiap kelompok juga memutarkan video proses pembuatan alat tersebut.

Tidak hanya itu saja, setiap pengunjung pameran yang mengunjungi stand-stand pameran dari teknologi tepat guna ini diberikan informasi terkait cara pembuatan alat, kegunaan dan keunggulan dari alat tersebut oleh kelompok yang dituju oleh pengunjung.

Sebagai bentuk memeriahkan pameran, panitia menyediakan kotak voting untuk pengunjung. Dimana setiap pengunjung memberikan satu suara pada karya fotografi maupun teknologi tepat guna yang disukainya. Hasil voting ini akan diumumkan pada tanggal 4 Juli 2022 mendatang.