Berita
Mahasiswa Ilmu Falak FSH UINSA Surabaya Berpartisipasi Pada Seminar Nasional Fisika 8.0 di UPI Bandung

Mahasiswa program studi ilmu falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya berpartisipasi pada seminar nasional Fisika ke-8 (SINAFI 8.0) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. SINAFI 8.0 diselenggarakan oleh departemen Pendidikan Fisika FMIPA UPI pada hari Sabtu 19 November 2022. Mahasiswa prodi Ilmu Falak terdiri dari Sherly Olyfiya Frifana, dan Farid Abyan Maulana Iskak.

Sherly Olyfiya Frifana, dkk. Mempresentasikan makalah yang berjudul Inovasi Peralatan Astronomi Non-Optik Mizuru. Farid Abyan Maulana Iskak, dkk. Mempresentasikan makalah yang berjudul Pengembangan Sistem GoTo Terkomputerisasi Berbasis Onstep Pada Mounting Teleskop Jenis Equatorial. Makalah dipresentasikan dihadapan peserta yang terdiri dari kalangan guru, kepala sekolah, mahasiswa, dosen, dan peserta umum lainnya dari seluruh Indonesia.

Hadir pula Novi Sopwan, M.Si. selaku dosen pembimbing dan Muhammad Akbarul Humam, SH. dari alumni Prodi Falak FSH UINSA. Novi Sopwan, M.Si. mempresentasikan makalah Analisis Data Kesaksian Hilal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah Tahun 1962 – 2021 menggunakan VSOP87 dan ELP91. Muhammad Akbarul Humam, SH. mempresentaikan makalah yang berjudul Variasi Unik Kalender Masehi (Kalender Putar Aurora 555 Tahun, 12 Bulan 1945-2500 Masehi).

Muhammad Akbarul Humam, SH. Manjadi salah satu presenter terbaik dari dari SINAFI 8.0 dan mendapat apresiasi dari panitia. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dan menjadi insporasi bagi mahasiswa lainnya.