Berita

Berita Magang MBKM Prodi MPI:

Maganger Kemenag Sidoarjo Mengikuti Kegiatan Donor Darah

Magangers MPI tidak hanya berkolaborasi dalam kegiatan keadministrasian namun juga berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan. Ini tampak pada kegiatan magangers di Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sidoarjo. Rabu, 6 Maret 2024.  Kemenag Kabupaten Sidoarjo mengadakan kegiatan donor darah rutin ke-9 yang bekerja sama dengan PMI Sidoarjo. Dalam kegiatan itu.  penanggung jawab atau koordinatornya yaitu Ibu Yurike dari Kemenag Kabuptaten Sidoarjo.

Para magangers di Kemenag Agama Kabupaten Sidoarjo adalah Himatul Maulidiah, Anastasya Dwi Andryani, Alifian Mamnun, M. Aziz Dzulhilmi, M. Syafiq Al-Mughni, M. Nuril Hidayah, dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Lilik Huriyah, M.Pd.

Tim Magangers Kemenag Kabupaten Sidoarjo

Salah seorang maganger, Alifian Mamnun, mengikuti kegiatan donor darah ini karena memenuhi syarat pendonor darah. Tidak semua orang dapat mendonorkan darah karena ada syarat dan ketentuan berlaku yang sudah ditetapkan di antaranya, yaitu keaadan fisik harus benar-benar dalam keadaan sehat, tidak sedang hamil, memiliki berat badan yang cukup (45 kg), dan pastinya sudah melalui fase screening oleh tenaga kesehatan yang ada.

 

Kegiatan donor darah ini memiliki tujuan yang sangat mulia karena dapat membantu orang ketika membutuhkan darah sehingga dapat menolong jiwa orang lain. Selain dapat membantu keselamatan jiwa bagi orang lain manfaat yang dirasakan untuk diri sendiri, yaitu mengurangi risiko penyakit jantung, menuurnkan kalori dan berat badan, meningkat produksi darah.

Pada kegiatan donor darah kali itu terkumpul sebanyak 43 kantong. Donor darah rutin ini selalu dilakukan oleh Kemenag Sidoarjo dan PMI bertujuan untuk mengumpulkan donasi darah untuk rumah sakit yang membutuhkan. Kegiatan ini bersifat gratis dan dibuka secara umum dan yang berminat untuk mengikuti wajib untuk membawa KTP. Selamat menjadi pendonor gays. kalian adalah pahlawan bagi sesama. (hi/ay/fr)