Berita

Pelaksanaan Program Magang MBKM Mandiri Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) telah memasuki pekan ketiga. Para mahasiswa telah sibuk dengan beragam aktivitas pembelajaran lapangan bersama dosen pamong dan dosen pendamping lapangannya. Melalui program ini, mahasiswa memang dituntut belajar sekaligus menempa kompetensinya dari keterlibatan langsung di kehidupan nyata. Salah satunya adalah kelompok magang yang bertempat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo. Di titik pemagangan ini, terdapat 5 (lima) mahasiswa dari Program Studi Sejarah Peradaban Islam. Mereka disebar kedalam 2 (dua) titik magang, yaitu di Bidang Mutu Pendidikan dan Bidang Kebudayaan. Selama dua pekan pertama, mereka telah dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang dikelola oleh kedua bidang terkait.

Sebagaimana yang berlangsung pada hari ini, Rabu, 21 Februari 2024. Bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, mahasiswa magang dilibatkan dalam pengelolaan dua kegiatan sekaligus. Pertama, pengukuhan pengurus Forum Kelompok Kerja Guru Sekolah Dasar (FKKG SD) se-Kabupaten Sidoarjo periode 2024-2027. FKKG adalah sebuah forum kelompok kerja guru di tingkat kabupaten. FKKG ini merupakan wadah para guru untuk membangun kerjasama, membahas ragam permasalahan yang mereka hadapi dan merumuskan solusinya, serta untuk melakukan perencanaan perbaikan bagi penyenggaraan kegiatan yang ada. Kedua, seleksi peserta Liga Pelajar Indonesia (LPI) 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh para guru olahraga SD se-Kabupaten Sidoarjo dan para murid peserta LPI. Liga ini didesain untuk menjaring siswa-siswa SD se-Kabupaten Sidoarjo yang memiliki bakat dan potensi dalam cabang olahraga tertentu.

Tiga mahasiswa magang, yakni Bagus Andrianto, Ilham Adimas Rizqi, dan Adinda Rahma Pinandita, dipercaya turut dalam kepanitiaan kegiatan dinas tersebut. Bagus mengungkapkan, “Kami sangat senang terlibat dalam kegiatan semacam ini. Selain adanya kepercayaan dari dosen pamong, kami yakin bisa belajar banyak dan menimba beragam  pengalaman baru.”