Berita
Siswa-siswa dari Madrasah Aliyah (MA) Islamiyah Malo Bojonegoro mengunjungi Pusat Pengembangan Bahasa di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) pada tanggal 8 Mei 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk memperluas wawasan siswa dalam bahasa dan budaya, serta memperkaya pengalaman belajar mereka. Acara tersebut dihadiri oleh guru-guru MA, kepala sekolah, serta sejumlah mahasiswa asing UINSA. Keberadaan mahasiswa asing dari berbagai negara turut menyemarakkan acara sebagai narasumber. Kegiatan diawali dengan pemaparan materi Bahasa Inggris dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Hadir sebagai pemateri, Rizka Safriyani, M.Pd, Rakhmawati M.Pd, Fahmy Imaniar, M.Pd dan Farkhi Faishol Hakim M.Pd yang masing-masing menyampaikan materi tentang speaking tips. Dalam sesi diskusi interaktif, para siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang kehidupan dan budaya di negara-negara yang diwakili oleh mahasiswa asing tersebut.
Menurut Kepala Sekolah Drs. Fatah, M.Pd, tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memberikan siswa pengalaman langsung dalam berinteraksi dengan berbagai budaya dan bahasa, serta memperluas wawasan mereka di luar lingkungan sekolah. Para siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti acara ini, dengan aktif bertanya dan berdiskusi dengan narasumber.
Sementara itu, mahasiswa asing juga menyambut hangat kesempatan untuk berbagi pengalaman mereka kepada para siswa MA. Mereka berbagi cerita tentang kehidupan sehari-hari, tradisi, dan kebiasaan budaya dari negara masing-masing, yang memberikan wawasan baru bagi para siswa.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah dalam memperkaya pendidikan lintas budaya bagi siswa-siswa MA, serta meningkatkan pemahaman mereka tentang keragaman bahasa dan budaya di tingkat global. Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UINSA, Dr.Mohammad Budiono, M.Pd.I dalam kesempatan ini juga mempresentasikan aplikasi bahasa arab dan bahasa Inggris karya UINSA yang memiliki fitur inovatif. Kedepan, Pusat Pengembangan Bahasa UINSA siap mendampingi penguatan kapasitas pembelajaran bahasa asing di MA secara luring maupun daring sebagai komitmen mewujudkan UINSA sebagai engaged university.