Berita

Pendidikan Profesi Guru

Wednesday, 4 January 2023

LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya Gelar Briefing Uji Kinerja Bagi Mahasiswa PPG Batch 3

Rabu, 4 Januari 2023. Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya gelar briefing pelaksanaan Uji Kinerja (UKIN) yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan baik mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daljab) Pendidikan Agama Islam (PAI) maupun mahasiswa PPG Daljab Madrasah. 

Dalam sambutannya Prof. Dr.H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd. (Dekan/Ketua LPTK) mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa PPG batch 3 yang telah menyelesaikan tahap Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai pertanda bahwa semua peserta batch 3 bisa melanjutkan ke tahap UKIN. Kemudian memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa untuk tetap bersungguh-sungguh, menyamakan frekuensi, serta tetap semangat dalam mengikuti tahapan UKIN hingga Uji Pengetahuan (UP) nantinya.

Kegiatan diawali dengan sharing pengalaman alumni dalam menghadapi UKIN yang disampaikan A. Saiful Umam (alumni PPG PAI Batch 2). Selanjutnya penyampaian Mekanisme Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) oleh Ainun Syarifah, M.Pd.I (Kaprodi PPG UINSA). UKIN terdiri dari Portofolio  dan Praktik Pembelajaran. Portofolio terdiri komponen utama berupa : penelitian & publikasi, refleksi diri, pencarian informasi baru, inovasi dan komponen pendukung berupa  prestasi melalui kompetensi dan pengabdian masyarakat. Sementara Uji Praktik Pembelajaran berupa video praktik pembelajaran dilengkapi dengan perangkat pembelajaran secara lengkap.

Kemudian terkait pengenalan dan simulasi UKIN disampaikan oleh Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd (Koordinator IT LPTK UINSA). Secara detail beliau memaparkan cara login dan upload setiap item berkas portofolio, perangkat pembelajaran serta video praktik pembelajaran, di akhir pemaparannya beliau berpesan agar tidak ada peserta yang terlambat dalam mengupload berkas serta dipastikan seluruh berkas yang diupload dalam bentuk link maupun PDF dipastikan bisa diakses oleh penguji/penilai.