Berita

Perpustakaan

Wednesday, 4 January 2023

Perpustakaan Gelar Bestie Timez Perdana Secara Daring

Menyambut tahun baru 2023, perpustakaan menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Sumber Informasi Elektronik, Turnitin, Mendeley dan Zotero (Bestie Timez) perdana secara daring melalui zoom meeting (04/01). Kegiatan ini merupakan inovasi layanan yang digagas oleh perpustakaan guna mendiseminasikan informasi kepada sivitas akademika Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Kegiatan yang dimoderatori oleh Dr. Ana Bilqis Fajarwati, SS., M.Fil.I. ini menghadirkan Hary Supriyatno, S.Ag., M.Pd (sekretaris) sebagai narasumber.

Hary menjelaskan bahwa secara garis besar proses diseminasi informasi yang sering dilakukan individu yaitu dimulai dari proses penelusuran, penyimpanan informasi, membaca dan berbagi informasi. Lebih lanjut, Hary menekankan pentingnya menelusuri informasi di sumber informasi yang kredibilitasnya dapat dipercaya, khususnya di era digital. Hal ini agar kita tidak dengan mudah menyebarkan informasi palsu (hoax).

“Saat ini banyak sekali informasi yang beredar tetapi kebenarannya belum terjamin, sehingga dalam menelusuri sebisa mungkin hindari blogspot, karena itu merupakan opini dari individu dan tidak dapat dijadikan referensi.” ungkap Hary

Adapun sumber informasi elektronik yang disediakan oleh Perpustakaan UINSA Surabaya diantaranya melalui website dan aplikasi, seperti digilib dan repository. Selain itu, penelusuran referensi ilmiah berbasis website bisa dilakukan melalui e-book dan e-journal berlangganan, seperti cambridge, springer nature, ebsco, proquest, emerald. Sedangkan e-library berbasis android bisa dimanfaatkan melalui aplikasi UINSA Kubuku.

Hary juga mempraktikan tentang bagaimana akses sumber informasi elektronik yang dilanggan oleh perpustakaan. Dengan begitu, sivitas akademika tetap dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja. Praktik penelusuran sumber informasi lainnya yakni melalui portal moraref yang menyediakan e-journal yang dikelola oleh lembaga pendidikan di lingkungan Kementerian Agama RI. (Dep)