Berita
Gunung Anyar, Surabaya – Selasa (25/10/2022) Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya telah melaksanakan “Peningkatan Pengelolaan Pelayanan Akademik Berbasis Sociopreneur University”. Kegiatan tersebut menghadirkan Abdul Hamid selaku Ketua Perserikatan Pengusaha Muslim Indonesia dan Purwanto selaku Kadiv IT Rumah Sakit Ibu dan Anak Mitra Husada Sidoarjo sebagai narasumber. 
 
Peningkatan Pengelolaan Pelayanan Akademik Berbasis Sociopreneur University digelar di auditorium lantai 2 FPK UINSA. Acara tersebut dihadiri oleh para dosen dan staff di UIN Sunan Ampel Surabaya. Endang Wahyuni, S.Ag, M.Psi selaku master of ceremony membuka acara tersebut pukul 09.30 WIB. Alunan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne UINSA menjadi tanda pembuka acara yang khidmat. Do’a juga dipanjatkan bersama sebelum memulai acara inti yang dipimpin oleh Sutopo, S.H. 
 
Acara selanjutnya, yaitu penyampaian materi pertama mengenai Penguatan Sociopreneur dalam Layanan Akademik pada Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA yang disampaikan oleh Abdul Hamid selaku Ketua Perserikatan Pengusaha Muslim Indonesia. 
 
Ragam model bisnis dalam Social Enterprise, diantaranya enterpreneur support model, market intermediary model, employment model, fee for service modal, service subsidization modal, market linkage model, dan organizational support model. 
 
“Sociopreneur dapat memecahkan adanya problem sosial dengan pendekatan wirausaha. Tentunya harus dibarengi dengan misi dan tujuan yang sama”, tutur Abdul Hamid selaku narasumber. 
 
Materi kedua, yaitu mengenai Digitalisasi Layanan Persuratan untuk Peningkatan Kinerja Layanan Akademik disampaikan oleh Purwanto selaku Kadiv IT Rumah Sakit Ibu dan Anak Mitra Husada Sidoarjo. Narasumber menjelaskan tutorial penggunaan SIPEKA dan pemanfatannya kepada seluruh tamu undangan. Diharapkan dengan adanya SIPEKA dapat memudahkan dan memperjelas adanya surat yang masuk dan keluar sehingga operasional berjalan dengan baik. 
 
Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA memberikan sambutannya setelah penyampaian materi selesai. Ditengah padatnya kegiatan beliau, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si memberikan sambutan hangat dan antusiasme terhadap program Sistem Informasi Persuratan FPK (SIPEKA). 
 
“Bahwa sistem informasi ini adalah sebagai media. Tergantung bagaimana kita memanfaatkannya. Mohon SIPEKA dikawal dengan baik. Semoga kita semua bisa memaksimalkan peran-peran kita, pekerjaan kita, dan tugas kita dalam melayani subjek utama”, tutur beliau.
 
Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA dengan Perserikatan Pengusaha Muslim Indonesia (PPMI) oleh Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si selaku Dekan Fakuktas Psikologi dan Kesehatan UINSA dan Abdul Hamid selaku Ketua Perserikatan Pengusaha Muslim Indonesia. 
 
Tibalah di acara yang ditunggu, yaitu Launching Sistem Informasi Persuratan FPK (SIPEKA) oleh Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. Acara ini berlangsung dengan sukses dan meriah. Pemutaran video dokumenter Sistem Informasi Persuratan FPK dan riuhan tepuk tangan oleh seluruh tamu undangan menemani suasana antusias peresmian sistem tersebut.
 
Acara ditutup dengan menyanyikan bersama lagu Bagimu Negeri oleh seluruh hadirin secara khidmat. Semoga seluruh ilmu yang telah diberikan dapat menjadi jembatan yang kelak akan meningkatkan kualitas pelayanan akademik Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA. (ODR)