Berita

UINSA Newsroom, Rabu (26/10/2022); Dalam rangka mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam skripsi, Prodi Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan Workshop untuk dosen dengan tema “Integrasi Keislaman pada Skripsi”. Workshop tersebut diselenggarakan pada hari Rabu (26/10) pukul 10.00-11.30 WIB di ruang meeting lantai 3 Gedung Serbaguna UINSA Kampus Gunung Anyar. Tampil sebagai narasumber, Lutfi Hakim, M.Ag selaku dosen penyusun pedoman integrasi keislaman di Prodi Matematika. 

Menurut Lutfi, dasar adanya integrasi keislaman adalah karena semua kajian integrasi dapat ditemukan di Al-Qur’an dan Hadist. Hal ini karena hakikat ilmu berasal dari Allah SWT. Manusia diperintah untuk memikirkan asal muasal objek material juga mempelajari fenomena yang terjadi di alam. Ilmu tersebut menjadi modal manusia ketika mengemban amanah sebagai khalifah di bumi. 

Lutfi memberikan berbagai jenis model integrasi keislaman diantaranya model similarisasi, paralelisasi, komplementasi, komparasi, induktifikasi, verifikasi dan prediksi. Mahasiswa dapat menggunakan salah satu atau lebih model sesuai topik skripsi yang diajukan. Dosen pembimbing dapat menjadi validator ayat/hadist yang dituliskan mahasiswa dalam skripsi, tambah Lutfi.

Selain itu, Lutfi juga mempraktikkan bagaimana sistematika penyusunan integrasi dalam skripsi mahasiswa prodi Matematika. Disebutkan bahwa mulai dari moto disarankan menggunakan ayat Quran yang sesuai dengan topik skripsi, dilanjutkan latar belakang disinggung konsep keislaman sesuai permasalahan sebanyak satu hingga dua paragraf. Di bab dua, terdapat subbab integrasi keislaman khusus yang berisi ayat yang berhubungan dengan definisi dan topik skripsi. Pada bab empat, dituliskan integrasi yang berhubungan dengan pembahasan skripsi. Terakhir penulisan kesimpulan jika memungkinkan bisa didukung oleh ayat hadis yang sesuai.

Yuniar Farida, MT selaku kaprodi matematika berharap dengan adanya workshop integrasi, dapat melatih para dosen, terutama dari background umum, untuk membimbing integrasi keislaman pada skripsi mahasiswa sesuai dengan pedoman dari Fakultas. Hal ini agar selaras dengan salah satu sasaran Fakultas yang ingin menerapkan desain pembelajaran paradigma keilmuan integrasi twin tower pada proses perkuliahan. 

Hadir di acara ini diantaranya kaprodi, sekprodi serta sejumlah dosen di lingkungan Prodi Matematika. Peserta workshop menyimak paparan narasumber dengan antusias, juga terlibat dalam tanya jawab dan diskusi secara aktif.