Berita

Kunjungan Prodi Psikologi Islam IAIN Kediri dan HIMPSI Kediri Raya ke FPK UINSA

Gunung Anyar, Surabaya – Rabu (02/08/2023) Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA menyambut hangat kunjungan IAIN Kediri. Bertempat di Ruang Rapat lantai 1 FPK, tepatnya pukul 13.00 WIB acara sambutan dimulai.

Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si selaku Wakil Dekan I; Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi, Psikolog selaku Wakil Dekan II; Rizma Fithri, S.Psi. M.Si. selaku Kepala Laboratorium; dan Syafruddin Faisal Thohar, M.Psi. Psikolog selaku Sekretaris Program Studi Psikologi menyambut IAIN Kediri dan HIMPSI Kediri Raya.
Beberapa tamu undangan dari IAIN Kediri dan HIMPSI Kediri Raya diantaranya Novi selaku gugus kendali mutu IAIN Kediri, Fatma selaku ketua HIMPSI Kediri Raya, Sofi Mirwani dan Habis Ribut Makasaea selaku dosen Psikologi Islam.

Tujuan kunjungan tersebut yaitu benchmarking kurikulum MBKM yang dilaksanakan di FPK, bagaimana kurikulum diterapkan, besaran SKS mata kuliah psikologi, dan kerjasama dengan beberapa lembaga. Dr. Suryani, S.Ag S.Psi, M.Si menyampaikan bahwa kurikulum MBKM sudah diterapkan sejak angkatan 2021 dan ada dua skema yang dilaksanakan, yaitu pertukaran mahasiswa pada semeater 5 dan magang pada semester 6.

Magang pada semester 6 dibagi menjadi 4 peminatan yaitu psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi industri dan organisasi, dan mental helath and islamic psychology. Kemudian nilai magang nanti akan dikonversi ke mata kuliah.

Selain itu, pertemuan tersebut juga mendiskusikan hasil kolokium di Bali yang membahas tentang pendidikan profesi psikologi. Perihal bagaimana UU PLP nanti dilaksanakan dan apakah alumni Psikokogi Islam juga bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan profesi psikolog.

Diskusi berlangsung sampai dengan pukul 15.00 WIB dan diakhiri dengan penjajakan kerjasama antar prodi Psikologi Islam Fakuktas Ushuluddin dengan prodi Psikologi FPK. Penjajakan kerjasama tersebut dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat. (ODR)