Berita

Jum’at, 23 Juni 2023 sebanyak 12 orang mahasiswa/i prodi Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya (FSH UINSA) Kelas 6A melakukan kunjungan edukasi dan penelitian. Kunjungan edukasi ini dilakukan di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Surabaya mulai pukul 09. 00 – 12.00 WIB. Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi tugas akhir Mata Kuliah Mediasi yang diampu oleh Bapak Daman Huri, S.H., M.Hum.

Mahasiswa Hukum 2021 FSH UINSA
Mahasiswa Hukum 2021 FSH UINSA

Para mahasiswa/i melakukan wawancara kepada para pihak dari perwakilan Dinperinaker. Wawancara tersebut menggunakan metode fokus pada praktik mediasi dan perkembangan proses mediasi dalam menyelesaikan sengketa. Tak hanya wawancara, kegiatan kunjungan juga diperkaya dengan pemaparan materi. Materi di sampaikan langsung oleh Drs. Pulung Wicaksono selaku mediator dan Rury Marintis, ST selaku staf bidang hubungan industrial.

Pemaparan Materi oleh Dinperinaker Surabaya
Pemaparan Materi oleh Dinperinaker Surabaya

Para pemateri menjelaskan mengenai mediasi, peran mediator, dan pentingnya penyelesaian sengketa dalam industri. Mahasiswa/i merasa terpukau dengan penyampaian materi tersebut dan bersyukur mendapatkan kesempatan belajar di Dinperinaker Surabaya. Mereka berharap dengan kunjungan ini semoga dapat memperkuat hubungan kerjasama antara FSH dan Dinperinaker Surabaya.

“Saya yakin ilmu pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan dalam kunjungan ini akan berkontibusi dalam pengembangan mediasi. Karena kita mengetahui jika mediasi merupakan sebuah solusi yang efektif dalam menyelesaikan sengketa di dunia kerja,” tutur salah satu mahasiswa. Setelah penyampaian materi dan sesi tanya jawab telah usai, acara terakhir adalah penyerahan cinderamata dan foto bersama.

Serah Terima Plakat Kenangan Hukum FSH UINSA 2021
Serah Terima Cindramata Prodi Hukum FSH UINSA 2021

Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mahasiswa/i Prodi Hukum FSH mengembangkan dunia mediasi di Indonesia. Selain itu, mereka juga memiliki peran aktif dalam perkembangan industri di era selanjutnya. Bukan hanya untuk menyelesaikan tugas akhir, kunjungan ini juga memberikan pengalaman nyata bagi para mahasiswa/i. Acara berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir.