Berita

7 mahasiswa program studi bahasa dan sastra arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya mengikuti kegiatan basic class bahasa korea yang di pandu oleh bapak Syaikhoni, M. Pd. I., M. Ce., P. hD. dari korean muslim Federation (KMF) pada selasa, 3 september 2024 di ruang meeting lantai 1. Ketujuh mahasiswa tersebut, yakni: Ali Mansur Hadi (Semester 7), Choirul Ulfi (Semester 7), Azka Azkiyak (Semester 5), dan Izza Afkarina (Semester 5) yang akan nantinya berangkat ke Korea serta Shofiyatuz Zahroh (Semester 7), Ziya Udin (Semester 7) dan Mei Mutiara Hanifah (Semester 5) yang hanya mengikuti pembelajaran bahasa korea.

Pada pertemuan perdana ini, pembelajaran di awali dengan pengenalan dan budaya yang biasa terjadi di korea, seperti : bagaimana cara memberi dan menerima barang, cara memberi salam, tata cara berpakaian dalam suatu tempat, bagaimana tata krama antara yang tua dan yang muda, serta hal-hal terkait kehidupan sosial masyarakat lainnya.

Berlanjut pada pembelajaran basic bahasa korea. Bapak Syaikhoni atau bisa dipanggil seonsaengnim Syaikhoni dalam bahasa korea menyebutkan bahwa mempelajari bahasa korea bisa dilakukan cukup singkat. Mempelajari disini adalah tahap dimana seseorang bisa membaca teks-teks berbahasa korea, namun tidak sampai dalam mengetahui maknanya.

Pembelajaran diawali dengan pengenalan huruf-huruf vokal yang kemudian dilanjutkan dengan menggabungkannya dengan huruf-huruf konsonannya hingga susunan-susunan khusus yang mungkin saja terjadi akibat tidak adanya Bebrapa huruf latin dalam bahasa korea. Selain itu, para mahasiswa juga diajarkan cara mengucapkan bacaan-bacaan tersebut sesuai dengan bunyi bahasa korea.