Berita

Surabaya — (05/03/2024) Orientasi Keprodian merupakan agenda tahunan Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA). Acara ini berlangsung mulai pukul 08.30 hingga 12.00 WIB di Auditorium FPK Lantai 2 dengan tema “Jenjang Karir dan Prospek Psikologi”.

Adapun orientasi Keprodian ini dihadiri oleh mahasiswa psikologi FPK semester 2 dengan narasumber Dr. Hetti Rahmawati, S.Psi., M.Si. selaku Dosen Psikologi Klinis Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang. Kompetensi sarjana psikologi mengenai jenjang karir prospek psikologi telah dikupas pada orientasi keprodian kali ini.

Kompetensi yang dibahas kali ini memiliki tiga kata kunci, yakni: Knowledge, Attitude, dan Skill. Beliau menyampaikan bahwa, “Knowledge perlu diperluas dengan membaca buku dan kegiatan lainnya agar kita dapat memperluas skill dan attitude kita,” tuturnya.

Keseimbangan antara knowledge, attitude, dan skill akan menghasilkan perilaku yang efektif (effective behaviour) dan keterampilan yang mendukung (employability skill) yang mana saling berkorelasi dengan posisi dan peran kita di lingkungan sekitar maupun dunia kerja.

Dalam pemaparan materi beliau menyampaikan, terdapat enam kompetensi utama psikolog, meliputi: hubungan (relationship), penilaian (asessement), intervensi (intervention), penelitian dan evaluasi (research & evaluation), konsultasi dan pendidikan (consultation & education), dan manajemen dan pengawasan (management & supervision).

Sebagai penutup pada penyampaian materi hari ini, motivasi dan penguatan juga diberikan kepada mahasiswa agar mampu memfokuskan perhatian pada karir di masa depan. Selain itu, implikasi kompetensi pada perkuliahan, dapat diaplikasikan pada praktik seperti proyek, studi kasus, magang dan pembelajaran kolaboratif.

Terselenggaranya orientasi keprodian ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada mahasiswa psikologi tentang pentingnya mengembangkan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja.

Writer: Cahaya Kamila Ashari
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi