Berita

Program Studi Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya bekerja sama dengan Sekolah Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo mengadakan pelatihan media pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI) pada tanggal .8 Maret 2024. Kegiatan pelatihan yang bertempat di laboratorium terpadu Sekolah Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo ini dibuka langsung oleh Kaprodi Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya, Ibu Yuniar Farida, M.T. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan motivasinya kepada tenaga pendidik Sekolah Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo.

“Sebagai pendidik, guru harus menjunjung tinggi keprofesionalan dan integritas dalam setiap tugas yang diemban, memberikan dedikasi penuh serta terus meningkatkan diri melalui pengembangan kompetensi yang berkala,” ujar beliau. Lebih lanjut beliau juga menegaskan bahwa proses pembelajaran yang berkualitas memerlukan kualitas guru yang unggul dan fasilitas yang memadai. Selain itu, kesadaran tentang tren teknologi, termasuk pemanfaatan media sosial yang bermanfaat, menjadi bagian integral dalam menarik minat dan keterlibatan siswa.

Pelatihan AI ini mendatangkan seluruh dosen Program Studi Matematika sebagai fasilitator. Tim pengabdian mengatakan pelatihan ini sangat penting mengingat manfaat AI bagi pendidikan saat ini adalah untuk menyajikan proses belajar yang lebih cerdas. AI mampu memberikan pembelajaran secara personal dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dengan bantuan AI, para guru juga bisa menyediakan pembelajaran yang lebih terarah dan menyesuaikan dengan gaya belajar, tingkat kemampuan, dan minat peserta didik.

Kegiatan yang diikuti oleh semua tenaga pendidik Sekolah Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo ini akan berlangsung selama 1 hari, mulai dari pukul 07.30 – 16.00 WIB. Pelatihan akan diisi dengan sejumlah materi mulai dari pengenalan AI untuk membuat presentasi hingga pembuatan kuis interaktif untuk pembelajaran berbasis AI yaitu aplikasi Lumen5 dan Wordwall. Pelatihan dibagi menjadi tiga kelas dengan fasilitator masing-masing. Materi pertama adalah memperkenalkan kepada guru-guru mengenai penggunaan Lumen5 sebagai alat untuk membuat video pembelajaran yang menarik, mengajarkan keterampilan dasar dalam membuat konten video yang relevan dengan kurikulum sekolah.

Diawali dengan pendahuluan tentang Lumen5, pengenalan tentang Lumen5 sebagai platform pembuatan video, fitur-fitur utama dan kemampuan dasar platform, pembuatan Video Pembelajaran, langkah-langkah dalam membuat video pembelajaran menggunakan Lumen5, strategi memilih gambar, teks, dan musik yang sesuai, dilanjutkan dengan simulasi dan praktek dari guru-guru dimana peserta akan diberikan waktu untuk mencoba membuat video pembelajaran singkat menggunakan Lumen5. Berikut dokumentasi pelatihan di setiap kelas pada materi Lumen5.

Selanjutnya, pelatihan berikutnya adalah aplikasi Wordwall sebagai alat untuk membuat aktivitas interaktif dalam pembelajaran yang memungkinkan guru-guru untuk menciptakan materi pembelajaran yang interaktif dan menarik. Wordwall adalah alat digital yang dirancang untuk membuat aktivitas pembelajaran interaktif dan menarik. Fungsinya mencakup berbagai aspek penting dalam pendidikan.

Wordwall memungkinkan guru untuk membuat berbagai aktivitas interaktif seperti kuis pilihan ganda, permainan mencocokkan kata dengan definisinya, teka-teki silang, roda keberuntungan untuk memilih soal secara acak, dan anagram di mana siswa menyusun huruf-huruf acak menjadi kata yang benar. Pelatihan Wordwall diawali dengan mengenalkan aplikasi Wordwall, kemudian penjelasan mengenai fungsi dan kegunaan utama Wordwall dalam pembelajaran, pembuatan berbagai tipe aktivitas interaktif, dilanjutkan dengan demonstrasi langkah-langkah dalam membuat aktivitas seperti puzzle, kuis, atau permainan kata menggunakan Wordwall.

Selanjutnya, guru-guru diberikan kesempatan untuk melakukan simulasi dan praktek pembuatan kuis atau game interaktif dengan kreasinya masing-masing dan mempresentasikan hasil di depan kelas. Dalam upaya pengabdian masyarakat dengan tema mengembangkan media pembelajaran inovatif di Sekolah Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo telah terbukti bahwa kolaborasi antara tim pengajar, guru, dan pihak terkait sangatlah penting dalam mewujudkan perubahan positif dalam dunia pendidikan.

Hasil-hasil yang telah dicapai menandakan langkah awal yang menjanjikan dalam memperkenalkan teknologi dan inovasi ke dalam proses pembelajaran. Pengembangan modul pembelajaran interaktif, peningkatan keterampilan guru dalam pemanfaatan teknologi, implementasi media pembelajaran inovatif di kelas, serta respons positif dari peserta didik dan stakeholder pendidikan menjadi bukti nyata bahwa langkah-langkah inovatif ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.

Keberhasilan dalam penggunaan media pembelajaran inovatif tidak hanya memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dengan lebih menyenangkan dan efektif, tetapi juga membuka pintu bagi kemajuan pendidikan yang berkelanjutan di masa depan. Apresiasi kami sampaikan kepada seluruh tenaga pendidik Sekolah Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo yang telah bersemangat dalam mengikuti transformasi digital berupa pelatihan teknologi AI hingga akhir. Terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat, kami yakin kolaborasi ini akan terus berkembang untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif, kreatif, dan adaptif bagi masa depan generasi penerus yang lebih cemerlang.