Berita

UINSA Newsroom, Kamis (02/05/2024); Universitas Airlangga (UNAIR) dan Rumah Publikasi UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya memperkuat kerjasama dalam mengembangkan kualitas publikasi ilmiah melalui acara, ‘Pendampingan penulisan artikel ilmiah di jurnal internasional bereputasi.’ Acara ini diadakan di Lantai 9 Twin Tower Teungku Ismail Yakub UINSA Kampus A. Yani Surabaya pada hari Selasa, 30 April 2024.

Dibuka Prof. Dr. Ali Mudlofir, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, acara ini bertujuan untuk mendorong dosen-dosen serta peneliti untuk lebih aktif dalam menulis artikel ilmiah yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Prof. Ali Mudlofir dalam sambutannya menekankan pentingnya menjadikan menulis artikel sebagai kebiasaan (habit) bagi para dosen sebagai bagian integral dari tugas akademik mereka.

Kerjasama antara Lembaga Inovasi, Pengembangan Jurnal, Penerbitan, dan Hak Kekayaan Intelektual UNAIR dan Rumah Publikasi UINSA dalam program ini mencakup pendampingan secara intensif dalam proses penulisan artikel ilmiah. Mulai dari perumusan gagasan hingga proses penyuntingan akhir. “Dengan dukungan dari Lembaga Inovasi, Pengembangan Jurnal, Penerbitan, dan Hak Kekayaan Intelektual UNAIR, serta Rumah Publikasi UINSA, diharapkan dapat meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh kedua institusi,” ujar Prof. Ali Mudlofir.

Prof. Hery Purnobasuki, M.Si., PhD., Ketua Lembaga Inovasi, Pengembangan Jurnal, Penerbitan, dan Hak Kekayaan Intelektual UNAIR menyatakan komitmennya dalam mendukung kegiatan ini. “Kami berharap kerjasama ini tidak hanya akan meningkatkan reputasi ilmiah kedua institusi, tetapi juga akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan secara global,” ujarnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Nurlailatul Musyafaah, Lc., M.Ag., Ketua Rumah Publikasi UINSA Surabaya, mengungkapkan kegembiraannya atas kerjasama ini. “Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan memberikan manfaat besar bagi para peneliti dan Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya dalam menghadapi tantangan publikasi ilmiah di tingkat internasional,” katanya.

Acara pendampingan penulisan artikel ilmiah di jurnal internasional bereputasi ini pun diikuti 51 dosen dan peneliti dari UINSA Surabaya. Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan dosen dan peneliti dalam menulis artikel ilmiah yang berkualitas dan berdampak luas. “Dengan semangat kolaborasi yang kuat, acara ini merupakan acara tahap pertama dan akan dilanjutkan dengan pola pendampingan yang hampir sama sampai 3 kali pendampingan lagi secara intensif,” tukas Prof. Dr. Nurlailatul Musyafaah.

Reportase: Rumah Publikasi
Redaktur: Nur Hayati
Desain Foto: MN Cahaya