Berita

UINSA Newsroom, Kamis (02/05/2024); Kegiatan pendampingan penulisan artikel ilmiah di jurnal internasional bereputasi yang diadakan di UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya sesi kedua menyuguhkan berbagai informasi penting seputar praktik baik dalam penulisan naskah standar internasional.

Dalam sesi kedua ini, Luthfiana Aprilianita Sari, S.Pi., M.Si., berperan sebagai pembicara utama yang memberikan panduan tentang best practice penulisan naskah standar internasional. Dalam paparannya, ia memberikan arahan tentang strategi penulisan artikel yang baik dan berkualitas di jurnal internasional bereputasi. Para peserta diajak untuk memahami secara mendalam tentang tahapan-tahapan yang perlu dilalui dalam menyusun artikel yang sesuai dengan standar internasional.

Sesi selanjutnya disampaikan Ayu Lana Nafisyah, Ph.D., yang mengulas tentang etika publikasi dan proses submit naskah. Dalam paparannya, ia menyoroti pentingnya menjaga etika dalam penulisan dan publikasi ilmiah serta memberikan wawasan tentang proses pengajuan artikel di jurnal internasional bereputasi. Para peserta diajak untuk memahami betapa krusialnya prinsip-prinsip etika dalam menghasilkan karya ilmiah yang bermutu.

Sesi terakhir merupakan highlight dari kegiatan ini, yakni coaching 10 artikel terpilih untuk segera direvisi sesuai saran reviewer. Dalam sesi ini, para peserta mendapat kesempatan untuk mengkaji secara mendalam artikel-artikel mereka dan menerima masukan langsung dari reviewer yang berpengalaman. “Hal ini diharapkan dapat membantu para penulis untuk meningkatkan kualitas artikel mereka sebelum diajukan ke jurnal internasional bereputasi,” Prof. Dr. Nurlailatul Musyafaah, Lc., M.Ag., Ketua Rumah Publikasi UINSA Surabaya.

Dengan demikian, sesi kedua ini berhasil memberikan wawasan yang berharga bagi para peserta dalam mengejar kualitas penulisan artikel ilmiah yang lebih baik dan berdampak. Kegiatan ini juga menjadi bukti nyata dari komitmen UINSA Surabaya dalam mendukung peningkatan kualitas publikasi ilmiah yang berkelanjutan.

Reportase: Rumah Publikasi
Redaktur: Nur Hayati
Desain Foto: MN Cahaya