Berita

Salah satu kegiatan yang penting dalam menjalankan tugas sebagai dosen dan mahasiswa adalah melakukan publikasi ilmiah. Mencari artikel sebagai sumber referensi dan melakukan sitasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam publikasi ilmiah. Kemampuan dalam reference manager sangat membantu penulis dan peneliti dalam mengakses informasi database bibliografi online, mencari dan menyimpan referensi dan sitasi.

Guna memfasilitasi dosen dan mahasiswa dalam hal manajemen referensi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah berkolaborasi dengan Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan pelatihan bertema Manajemen Referensi Publikasi Ilmiah. Acara yang dihadiri oleh mahasiswa Prodi PGMI dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan Dasar, Bapak Dr. Sihabudin, M.Pd.I., M.Pd. Dalam sambutannya, beliau berpesan kepada seluruh mahasiswa agar mengikuti kegiatan ini dengan fokus dan serius, karena sangat bermanfaat dalam proses penyelesaian skripsi maupun publikasi hasil penelitian.

Narasumber yang merupakan pustakawan UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak Hary Supriyatno, S.Ag., M.Pd mengawali pemaparan materi dengan menjelaskan layanan yang ada di perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya dari digital library, cek similarity, sampai dengan mengakses e-resources jurnal yang dilanggan oleh UINSA. Selama 90 (sembilan puluh menit), beliau mensimulasikan kepada seluruh peserta bagaimana mencari jurnal-jurnal bereputasi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber referensi dalam penelitian dan penulisan artikel. 

Acara ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Semoga kegiatan peningkatan publikasi ilmiah ini dapat terus terlaksana, agar dapat meningkatkan produktivitas dan kolaborasi penulisan antara dosen dan mahasiswa Prodi PGMI.