Berita

Pendidikan Profesi Guru

Tuesday, 12 July 2022

KETUA LPTK UIN SUNAN AMPEL SURABAYA SAMBUT BAIK KERJASAMA DENGAN  PEMPROV JAWA TIMUR TERKAIT PEMBIAYAAN PELAKSANAAN PPG DALJAB PAI

Senin, 11 Juli 2022 bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Direktur Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Bapak Drs. H. Amrullah, M.Si, didampingi Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sekaligus Ketua LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd melakukan audiensi dengan Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T terkait peluang kerjasama dalam hal pembiayaan pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Pendidikan Agama Islam. Selama dua tahun ini, LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya telah bekerja sama dalam program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) dengan Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Kementerian Agama Provinsi Bali, Kementerian Agama Provinsi Aceh, Kementrian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kementerian Agama Nusa Tenggara Barat, Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Kementerian Agama Kota  Surabaya, Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo, Kementerian Agama Kota Mojokerto, dan Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan. Namun, pertemuan dengan Sekda Pemprov Jatim ini membawa angin segar bagi Kementerian Agama Republik Indonesia, khususnya LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya dalam melebarkan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Kasubdit PAI Kementerian Agama Republik Indonesia, M. Munir, S.Ag., M.A, Kabid PAI Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Bapak Drs. H. Juhed M, M.Pd, Kasi PAI Tingkat Dasar, Bapak Najib Kusnanto, S.Ag., M.si dan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FTK sekaligus Ketua Pengelola PPG Daljab PAI, Ibu Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag. Dalam sesi diskusi, Direktur PAI Kemenag RI sangat berharap adanya kerjasama antara Kemenag dengan Pemprov Jatim terutama dalam hal pembiayaan PPG Daljab PAI. Sebagai program mandatori (wajib), tahun ini Direktorat PAI telah menganggarkan pembiayaan PPG bagi 5000 guru. Harapannya dengan adanya tambahan dukungan pembiayaan dari Pemerintah Provinsi, akan semakin banyak guru PAI yang terakomodir dalam program PPG. Karena sejatinya, dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur merupakan upaya bersama meningkatkan kualitas guru-guru PAI di Jawa Timur.

Prof. Dr. H Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd sangat mengapresiasi rencana kerjasama ini dan berharap ada titik temu sehingga pelaksanaan kerjasama dapat segera terealisasi. Kepedulian semua pihak akan menjadi langkah akseleratif dalam peningkatan kompetensi dan kesejahteraan PAI khususnya guru di wilayah Provinsi Jawa Timur. Senada dengan Ketua LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya, Sekda Pemprov Jatim Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T menyambut baik rencana tersebut dan secepatnya akan berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Timur dan stakeholder terkait.

Di akhir sesi diskusi, Bapak Drs. H. Amrullah, M.Si kembali akan terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Gubernur Jawa Timur agar terwujudnya kerjasama antara Pemprov Jatim dan Kemenag dalam bentuk dukungan pembiayaan pelaksanaan PPG bagi guru-guru PAI di sekolah. Karena pada dasarnya Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah berwenang menganggarkan pembiayaan PPG bagi guru PAI di daerah dalam rangka pemenuhan profesionalitas guru.