Berita
 
Surabaya, 4 Oktober 2023 – Program Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam Pascasarjana UINSA Surabaya, telah menggelar ujian tesis yang membahas tentang makna kesejahteraan bagi pendakwah di Blitar.  Ujian tesis yang berlangsung di gedung pascasarjana lantai 3 ruang 302 ini, merupakan bagian dari penelitian tugas akhir yang dilakukan oleh mahasiswa Program Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam, Muhammad Alfan Taufiqi. Dalam ujian tesisnya, Muhammad Alfan mengkaji pentingnya kesejahteraan bagi pendakwah di Blitar. Ia melihat bahwa pendakwah memiliki peran krusial dalam menyebarkan ajaran agama dan memberikan bimbingan kepada masyarakat.Namun, dalam pelaksanaanya, pendakwah seringkali dihadapkan pada tantangan-tantangan, yang tentunya dapat mempengaruhi kualitas dan efektivitas dakwah yang mereka lakukan.

Pada penelitiannya, Muhammad Alfan melakukan observasi dan wawancara bersama 12 pendakwah di Blitar yang bersedia menjadi partisipan penelitiannya. Observasi dan wawancara yang dilakukan meliputi beberapa aspek kesejahteraan, seperti kesejahteraan subyektif, kesejahteraan psikologis, dan kesejahteraan spiritual. Hasil dari observasi dan wawancara, menunjukan bahwa sebagian pendakwah menghadapi berbagai tantangan yang variatif dalam pelaksanaan dakwahnya. Selain itu, para pendakwah juga menyampaikan perasaan syukurnya, karena mereka bisa menjadi penyampai, penerus risalah Rasulullah SWT dalam menyebarkan ajaran Islam.
Kesejahteraan bagi pendakwah, tentu memiliki dampak langsung terhadap kualitas dakwah yang mereka lakukan. Jika pendakwah tidak memiliki atau merasakan kesejahteraan pada dirinya, hal ini tentu dapat mempengaruhi motivasi dan fokus mereka dalan menyebarkan ajaran agama kepada masyarakat.
Ujian tesis dari Muhammad Alfan dihadiri oleh tim penguji yang terdiri dari dosen-dosen ahli di bidang sosial, psikologi komunikasi, dan dakwah, yaitu Prof. Abdul Muhid, M.Si., Prof. Dr. H. Ali Nurdin, M. Si., Aun Falestien Faletehan, MHRM., Ph.D., dan Dr. Agus Santoso, M. Pd. Tim penguji memberikan apresiasi dan koreksi guna melengkapi kualitas kesimpulan yang dihasilkan pada penelitian.
Dengan selesainya ujian tesis ini, Muhammad Alfan berharap hasil penelitiannya dapat memberikan kontribusi dalam memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan pendakwah di Blitar, serta meningkatkan efektivitas dakwah dalam menyebarkan ajaran agama Islam, khususnya di daerah Blitar.

Redaksi : Fathiyah Khasanah