Berita
Jum’at, 28 Oktober 2022 Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya membuka program layanan pengembangan minat dan bakat bagi mahasiswa semester 7 (tujuh). Kegiatan ini dilakukan agar mahasiswa dapat mengenali potensi diri, bakat yang dimiliki, dan minatnya sehingga mereka dapat menentukan jalan karier yang tepat kelak. Mengenal minat di masa-masa kuliah merupakan proses yang sangat krusial, terutama karena mahasiswa sudah harus memikirkan jalan kariernya di masa depan dengan serius. Kegiatan yang diinisiasi oleh Prodi ini juga berusaha menggali minat mahasiswa yang tidak terlalu terikat dengan program studi PGMI. Misalnya saja, mahasiswa PGMI memiliki minat bidang kerja lain selain mengajar. Disamping itu, prodi juga memfasilitasi mahasiswa bagaimana strategi dalam mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki.
Menghadirkan Narasumber yang merupakan Psikolog @arahtumbuh.id, Ibu Naila Kamaliya, M.Psi., Psikolog dan akademisi yang merupakan Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak Husni Abdillah, M.Pd, mahasiswa diajak untuk mengenali potensi diri, minat dan bakatnya. Di sesi pemaparan materi pertama, Ibu Naila Kamaliya, M.Psi., Psikolog mengajak mahasiswa untuk mengenali diri dengan menyadari minat, melihat kemampuan, dan menyadari value dalam berkarir. Kemudian, setelah itu, mahasiswa diminta untuk mencari tahu informasi tentang calon karier yang akan dipilih. Dan terakhir mengitegrasikan informasi tentang potensi diri dan informasikan tentang karir.
                 
Setelah mahasiswa diajak kenal akan diri, potensi, bakat, dan minatnya, narasumber yang kedua Bapak Husni Abdillah, M.Pd menjelaskan bagaimana strategi dalam mengembangkan bakat dan minat mahasiswa. Ketika mahasiswa sudah mengembangkan bakat dan minatnya, maka hal yang pertama kali dilakukan adalah membuat target, mengatur mindset, fokus membuat prioritas, dan ketuk pintu langit dengan berdoa. “Untuk sukses, bakat saja tidak cukup, terus berlatih-berlatih dan berlatih, jual bakatmu, bukan sekedar coba-coba namun jadilah seperti juara”, ujar dosen Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.
Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab dari peserta. Semoga langkah baik yang dilakukan prodi PGMI kepada mahasiswa dalam mengenali minat and bakatnya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan karier apa yang akan dipilih oleh mahasiswa di masa depan.