Berita

Gunung Anyar, Surabaya – (02/10/2024) Sebagai bentuk ikhtiar meningkatkan kompetensi mahasiswa semester 7 dalam menghadapi tugas akhir, Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) gelar kuliah tamu dengan narasumber dari negeri Jiran. Kegiatan yang terlaksana pada Selasa, 2 Oktober 2024 ini, berlangsung mulai pukul 15.30 WIB bertempat di ruang Auditorium lantai dua gedung FPK.

Kegiatan yang bertemakan “Optimalisasi Penulisan Artikel Ilmiah Menggunakan IMRaD (Introduction, Methods, Research and Discussion)” ini dibuka secara langsung oleh Dr. Lufiana Harnany Utami, S.Pd., M.Si. selaku Ketua program studi psikologi. Dalam pembukaannya, beliau menyampaikan harapan besar bagi para mahasiswa yang saat ini sudah menduduki semester tujuh, untuk dapat dengan serius mengambil ilmu dari kuliah tamu yang terbilang singkat tersebut.

Adalah Dr. Fonny Dameaty Hutagalung, narasumber kuliah tamu yang juga merupakan dosen di Universitas Malaya, Malaysia. Sesuai tema yang diangkat, Dr. Fonny banyak membagikan tips dan trik menyusun sebuah penelitian. Tugas akhir yang seringkali dianggap sebagai momok mengerikan bagi mahasiswa akhir ini nyatanya bisa selesai, bahkan bukan mustahil untuk rampung lebih cepat. Kuncinya ada pada strategi yang tepat, konsistensi, serta sedikit pelecut motivasi.

Dr. Fonny pun mengulas lebih mendetail tentang IMRaD dalam kepenulisan. Ia menekankan bahwa pendekatan ini (IMRaD) akan sangat memudahkan pembaca dalam memahami alur penelitian. “Sama halnya dalam membuat artikel, setiap bagian (dari IMRaD) memiliki tujuan spesifik, dan penyampaian yang jelas akan meningkatkan peluang artikel atau karya tulis untuk diterima di jurnal bereputasi,” jelasnya.

Kuliah umum ini menjadi bukti komitmen FPK dalam meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi mahasiswa, serta mendorong pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Harapannya, melalui kegiatan ini mahasiswa semester 7 dapat terpacu dan lebih termotivasi dalam menyelesaikan tugas akhir.

Writer: Septi Nur Azizah