Berita

Pada tanggal 31 Juli dan 1 Agustus 2024, Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) telah sukses menggelar International Conference on Sharia and Law (IcosLaw) 2024. Kegiatan ini dilakukan secara luring di hari pertama dan secara daring di hari kedua. Acara ini merupakan salah satu kegiatan terbesar di FSH UINSA setiap tahunnya. Sehingga Jumlah peserta konferensi yang mendaftar cukuplah tinggi, mereka yang telah lolos seleksi berkaslah yang bisa mengikuti konferensi. Pada hari pertama, panelis mempresentasikan hasil penelitiannya di lantai 2 dan 3 gedung A Fakultas Syariah dan Hukum.

Peserta IcosLaw 2024
Peserta IcosLaw 2024

Suasana IcosLaw

Para panelis dibagi dalam 16 ruangan. Acara ini dilaksanakan ketika perkuliahan tidak ada atau libur semester. Sehingga para mahasiswa semester akhir setelah pulang dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) bisa hadir untuk memahami pola pikir dan cara berbicara para panelis. Selain itu, chair dan discussant berkolaborasi pada saat sebelum peserta IcosLaw presentasi dan setelah presentasi untuk membangun diskusi yang menarik di dalam ruangan. Tidak hanya itu, peserta IcosLaw atau presenter bisa berpartisipasi dalam sesi diskusi sehingga bisa saling bertukar pemahaman dan sudut pandangan yang berbeda. Hal ini menjadi bagian unik dari IcosLaw yang telah diselenggarakan sebanyak tigal kali.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber utama yang berpengalaman. Pertama, Mahmood Kooria, Ph.D. The Edinburgh University. Kedua, Prof. Farid Sufian Shuaib, LL.B., LL.M., Ph.D. International Islamic University Malaysia. Ketiga, Muhammad Latif Fauzi, S.H.I, M.SI., MA. Ph.D. UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia. Keempat, Prof. Nehaluddin Ahmad Sultan Sharif Ali Islamic University, Brunei Darussalam. Kelima, Dr. Sanuri, M. FII. I. UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia. 

Kemudian di hari kedua, ada Dr. Aan Eko Widiarto, S.H., M.Hum., Brawijaya University, Indonesia dan Firdaus bin Yahya A member of Majelis Fatwa, Singapore.

Melalui kegiatan ICOSLAW 2024 ini, para panelis melakukan presentasi terlebih dahulu kepada para audiens. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel, peserta menjawab pertanyaan dari moderator dan audiens secara langsung melalui sesi tanya jawab.

Para panelis di konferensi ICOSLAW 2024 memiliki peran yang penting dalam menyampaikan ide-ide hasil penelitian. Mereka menyampaikan perspektif yang mendalam mengenai topik-topik penelitian yang dibawakan. Konferensi hasil penelitian merupakan ajang penting bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi. Dengan begitu, mereka berbagi pengetahuan, ide, serta hasil penelitian terbaru. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat, bagi individu dan perkembangan ilmu pengetahuan secara keseluruhan.

Reportase: Delia

Redaktur: Suci Wulandari

Desain Foto: Akmal