Berita

Kampanye Lingkungan merupakan salah satu bentuk pondasi awal dalam upaya pelestarian lingkungan hidup atau juga bisa diartikan sebagai salah satu upaya penyampaian informasi atau gagasan mengenai pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Kampanye lingkungan ini mengambil tema yaitu “zero waste” dengan harapan dapat mengajak untuk mengurangi penggunaan produk sekali pakai juga memanfaatkan barang yang masih berguna untuk didaur ulang lagi menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Kegiatan Kampanye Lingkungan dilaksanakan pada Jum,at, 13 Januari 2023 pukul 08.00 WIB s.d 10.00 WIB, bertempat di SMAN 18 Surabaya, Jln. Bibis Karah Sawah 1 No. 9 Kota Surabaya, oleh Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan Tahun 2022. Kegiatan ini memiliki tujuan sebagai sarana pembelajaran untuk siswa SMA/Sederajat Kota Surabaya agar lebih peduli dan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar juga sebagai upaya memperkenalkan prodi Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya kepada siswa SMA/Sederajat Kota Surabaya. Sasaran pada kegiatan Kampanye Lingkungan merupakan siswa-siswi SMA/Sederajat, khususnya siswa-siswi Kelas X SMAN 18 Surabaya. Bentuk kegiatan Kampanye Lingkungan ini adalah berupa pembekalan kepada siswa-siswi SMA/Sederajat, khususnya siswa-siswi Kelas X SMAN 18 Surabaya untuk menjaga lingkungan dengan cara pemberian edukasi secara visual, auditori dan aksi kegiatan yang berjudul “Zero Waste To Support Our Future Life”.

Kegiatan sosialisasi Kampanye Lingkungan di SMAN 18 Surabaya diawali dengan pembukaan dan sambutan dari ketua pelaksana yaitu Daffa Ilham Fahreza pada pukul 08.10 WIB. Selanjutnya, pada pukul 08.15 diadakan pretest mengenai materi yang akan dipaparkan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta terhadap materi yang akan dipaparkan. Kemudian, pada pukul 08.25 – 08.35 dilakukan pemaparan materi sesi 1 tentang zero waste dan prinsip 5R yang dilaksanakan oleh Diah Atika Putri. Selanjutnya diadakan ice breaking untuk peregangan dan supaya peserta tidak merasa tegang atau bosan. Di dalam ice breaking ini terdapat games yaitu tebak lanjut kata. Setelah ice breaking, kegiatan selanjutnya adalah pemaparan materi sesi 2 mengenai branding TL UINSA pada 08.45 tetapi mengalami kendala proyektor yang tidak berfungsi sehingga kami dari tim pemapar menjelaskan apa itu Teknik Lingkungan dan apa aja yang ada di Teknik Lingkungan serta, dapat bekerja dimana saja setelah lulus dari TL (branding TL dilanjutkan secara online besok hari kepada peserta melalui google meets).

Lalu dilanjut pengaplikasian materi yaitu dengan pembuatan pot dan menghias botol, pada sesi ini dilaksanakan oleh Chivu Itsnaini Faradillah dan Muhammad Alfan Ardiansyah Hidayatullah. Setelah pengaplikasian materi dengan praktek membuat dan menghias pot dari botol dilakukan sesi post test pada pukul 09.15 dimana sesi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa paham peserta mengenai materi yang telah dipaparkan. Di sela sesi post test juga dilakukan pembagian konsumsi yaitu berupa roti kepada para peserta. Pada pukul 09.25 dilakukan pembagian awarding kepada nominasi pemenangnya seperti si paling kreatif, si paling aktif, si paling akreditasi, si paling bermimpi, si paling ceriwis dan si paling sibuk. Selanjutnya pada pukul 09.40 dilakukan sesi penutup dan dokumentasi. Dan terakhir diadakannya evaluasi bersama panitia dan pembimbing.

Terima kasih kepada panitia yang telah bertanggung jawab untuk menyiapkan kegiatan Kampanye Lingkungan baik sebelum, saat kegiatan berlangsung maupun setelah kegiatan ini selesai. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para anggota yang telah hadir dan berpartisipasi. Semoga diadakanya kampanye ini dapat membrandingkan TL UINSA untuk lebih dikenal oleh kalangan luar, dan semoga adanya kampanye ini baik kita sebagai panitia, siswa-siswi SMAN 18 Surabaya dapat menjaga lingkungan, serta menerapkan prinsip 5R dalam kehidupan sehari-hari, juga segenap elemen yang menonton video Kampanye Lingkungan kami dapat menjaga dan melestarikan lingkungan.