Berita

SNPDB MAN 1 SURAKARTA DIGELAR DI TIGA TITIK LOKASI

UINSA Newsroom, Sabtu (25/02/2023); Surakarta, 25 Februari 2023 – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menyelenggarakan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) 2023 bagi calon siswa baru madrasah di seluruh Indonesia. Salah satu MAN Unggulan yang turut menyelenggarakan kegiatan ini adalah MAN PK 1 Surakarta.

Acara seleksi masuk MAPK ini berlangsung pada tanggal 25-26 Februari 2023. Jumlah pendaftar sejumlah 1367 calon, dengan total peserta yang lolos verifikasi sebanyak  946 calon. Kegiatan ini terbagi menjadi tiga titik lokasi ujian, yaitu Tilok 1 di MAN 1 Surakarta sejumlah 462 calon; Tilok 2 di MTs N 1 Banyumas sejumlah 241 calon; dan Tilok 3 di MTs N 2 Kota Semarang sejumlah 243 calon.

Menurut Kepala Madrasah MAPK MAN 1 Surakarta, Drs. H. Slamet Budiyono, M.Pd., seleksi ini merupakan salah satu upaya Kemenag dalam memastikan kualitas pendidikan di madrasah dapat dipertahankan dan ditingkatkan. “Kemenag sangat peduli dengan masa depan generasi muda Indonesia. Kami berharap melalui seleksi ini, kami dapat menemukan siswa-siswi berbakat dan berpotensi yang akan memperkuat dan membangun masa depan pendidikan Islam di Indonesia,” tuturnya.

Sukatno, S.Pd., Panitia Lokal SNPDB MAN PK 1 Surakarta menyampaikan, “Panitia dari madrasah sudah mempersiapkan kegiatan ini dengan sangat baik, mulai dari pengecekan perangkat komputer untuk kegiatan CBT, hingga pemasangan arah tanda semacam petunjuk arah menuju ruang untuk ujian,” terang Sukatno, S.Pd.

Untuk kegiatan SNPDB tahun ini, lanjut Sukatno, S.Pd., pihak madrasah sudah melakukan berbagai cara untuk sosialisasi. “Selain kami memposting informasi di web madrasah, kami juga menyebar informasi menggunakan berbagai media sosial. Bahkan untuk tahun ini kami semacam menjemput bola, tim kami mendatangi MTs-MTs yang ada di Jawa Tengah guna menyampaikan informasi terkait SNPDB ini,” lanjutnya.

Dijelaskan Sukatno, S.Pd., Seleksi Nasional SNPDB 2023 bertujuan untuk menjaring siswa berbakat dan berpotensi dari seluruh wilayah di Indonesia yang ingin menimba ilmu di madrasah. Peserta seleksi akan mengikuti tes akademik, tes kepribadian, dan tes wawancara dengan tim pewawancara dari MAPK MAN 1 Surakarta.

Peserta yang lulus dalam seleksi ini akan diterima sebagai siswa baru di madrasah-madrasah terbaik di seluruh Indonesia. Mereka juga akan mendapatkan beasiswa dan fasilitas pendidikan yang baik dari Kemenag.

Pada kegiatan SNPDB ini, turut hadir juga perwakilan Tim Ahli dari UIN Sunan Ampel Surabaya melaksanakan monitoring dan evaluasi. Beberapa diantaranya adalah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., “Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi para calon siswa baru untuk membuktikan kemampuannya dan menunjukkan bakat dan potensinya dalam bidang pendidikan Islam.” Tutur beliau. Para pihak berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan dapat memberikan kontribusi positif bagi masa depan Indonesia.

Berdasar informasi yang dihimpun perwakilan Tim Ahli, Jiphie Gilia Indriyani, M.A. dan Yunita Ardila, S.Kom, M.MT. dari panitia lokal, aplikasi yang digunakan pada kegiatan ini bekerja dengan baik. Tidak ada keluhan dari peserta terkait dengan aplikasi yang digunakan, baik saat kegiatan uji coba maupun saat ujian CBT dan wawancara dilaksanakan. “Peserta Uji Coba yang dilaksanakan sejak selasa juga banyak, walaupun tidak seluruhnya mengikuti ya. Sama seperti kegiatan hari ini, terpantau di sesi pertama hari sabtu ini ada beberapa peserta yang tidak hadir.” tutur panitia menyampaikan informasi terkait kehadiran peserta. (Tim SNPDB/UINSA)