Berita

KAWAL MBKM, FTK UINSA ADAKAN KOORDINASI DAN PEMBEKALAN INTERNATIONAL STUDENT MOBILITY

UINSA Newsroom, Kamis (08/02/2024); Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mendapat respon baik dari mitra di Saudi Arabia dan Kuala Lumpur Malaysia. Selasa (6/2), diadakan koordinasi dengan pamong dari kedua mitra guna menyampaikan kebijakan umum dan teknis pelaksanaan International Student Mobility yang dikemas dalam program Asistensi Mengajar dan Magang Internasional. Koordinasi yang digelar online melalui Zoom Meeting tersebut dihadiri mahasiswa, kepala sekolah dan pamong dari Sekolah Indonesia Jeddah Saudi Arabia dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FTK, Prof. Dr. Achmad Muhibin Zuhri, M.Ag., membuka kegiatan koordinasi dan menyambut baik program MBKM yang diselenggarakan dan bekerjasama dengan mitra dari luar negeri. Ia mengajak para mahasiswa dan semua yang terlibat dalam program ini untuk menimba pengalaman sebanyak-banyaknya. “Jadikan kegiatan ini sebagai wujud pengabdian kepada bangsa dan negara,” pesan Prof. Muhibin.

Sementara itu, Kepala Laboratorium FTK, Dr. Taufik Siraj, M.Pd.I., menyampaikan kebijakan umum dan teknis pelaksanaan Asistensi Mengajar dan Magang Internasional di Saudi Arabia dan Malaysia. “Tidak ada perbedaan program dengan MBKM nasional, bobot SKS dan beban tugasnya sama”, tegas Dr. Taufik dalam menjawab beberapa pertanyaan dari mahasiswa.

Program International Student Mobility ini mulai dilaksanakan pada awal tahun 2024. Mahasiswa peserta Asistensi Mengajar dan Magang Internasional telah tiba di Sekolah Indonesia Jeddah Saudi Arabia pada 30 Januari 2024. Selanjutnya menyusul mahasiswa Asitensi Mengajar Internasional di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia yang akan diberangkatkan pada 15 Februari 2024 mendatang. (labftk)