Berita

@Fakultas Sains dan Teknologi

Monday, 25 April 2022

JARING MINAT CALON MAHASISWA DAN SOFT LAUNCHING INTERNATIONAL COMPETITION 2022,  FST UINSA SELENGGARAKAN KEGIATAN EXPO CAMPUS

Kegiatan Expo Campus Fakultas Sains dan Teknologi merupakan kali kedua digelar mengekor kesuksesan penyelenggaraan Expo Campus tahun sebelumnya yang menghadirkan narasumber representatif Prodi ditambah peserta yang sangat antusias. Pengenalan kampus dan penjelasan mengenai job career ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 April 2022 pukul 09.00 WIB melalui Zoom Meeting. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan FST UIN Sunan Ampel Surabaya kepada calon mahasiswa serta sebagai sarana menumbuhkan motivasi agar mahasiswa dapat berprestasi selama menjalani masa perkuliahan. Kegiatan Expo Campus menghadirkan M. Rizal N. Sagara, ST., MT. Lead of Experience Codex Telkom sekaligus influencer beserta seluruh Ketua Program Studi di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai Narasumber.

Pemateri M. Rizal N. Sagara, ST., MT.

Expo Campus FST Tahun 2022 ternyata sangat menarik animo siswa-siswi diseluruh nusantara, terdapat sekitar 350-an pendaftar yang berpartisipasi dalam kegiatan. Bukan hanya para calon mahasiswa yang berantusias, termasuk para bapak ibu guru. Beberapa sekolah dengan dukungan para guru melakukan nobar (nonton bareng) di kelas. Terlihat siswa-siswi SMA yang melakukan nobar adalah MAN 2 Nganjuk sebanyak 5 kelas dari jurusan yang berbeda yaitu IPA dan IPS. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari beragam daerah mulai dari pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi.

Kegiatan Nobar yang dilaksanakan oleh MAN 2 Nganjuk

Sambutan dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi yakni Ibu Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M. Ag. menjelaskan bahwa FST mempunyai total 7 program studi dengan satu program studi baru yaitu teknik sipil yang akan dibuka pertama kali pada tahun ini. Akreditasi seluruh program studi di lingkup FST nantinya akan berstandar internasional. Terdapat program studi yang telah diajukan untuk internasional dan beberapa lainnya masih dalam tahapan meraih akreditasi A dikancah internasional. Hal tersebut bukan lah suatu yang mudah, namun dengan tekad dan keinginan yang kuat FST yakin dapat meraih seluruh akreditasi tersebut.

Sambutan Dekan Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M. Ag.

Kegitan selanjutnya dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya adalah guna mendukung keaktifan dan sifat kreatif mahasiswa dan siswa untuk berkembang dan meraih prestasi, pada kegiatan ini kami juga mengadakan Soft Launching UINSA International Young Scientists Competition (UIYSC) yang diadakan oleh UIN Sunan Ampel Surabaya. Perlombaan ini akan berlansung pada 2-3 juli tahun 2022. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi berharap perlombaan ini dapat berjalan lancar dan seluruh peserta dapat berkontribusi dengan ide-ide pemikiran yang luar biasa. Peraihan prestasi dalam ajang perlombaan UIYSC tidak sembarang, dikarenakan event ini bukan hanya se-Indonesia namun telah bertaraf internasional. Keseluruhan kegiatan perlombaan akan diikuti oleh 3 benua Eropa, Asia, dan Afrika, jadi dengan peluncuran event UIYSC ini dapat menarik seluruh siswa dan mahasiswa untuk ikut serta dalam ajang perlombaan. UIYSC merupakan event Kompetisi tingkat Internasional perdana digelar, murni organized by FST UINSA, tidak melibatkan pihak EO Event Organizer dalam penyelenggaraannya. “Hal ini sebagai bukti kemandirian kita dan Insya Allah akan kita laksanakan secara annual/periodik, dan salah satu jembatan FST UINSA mendukung UINSA Goes International”, jelas Dekan FST UINSA.

Menurut Wadek 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FST UINSA Yusuf Amrozi kegiatan Goes to Kampus ini bertujuan dalam rangka mensosialisasikan prestasi dan keunggulan yang dimiliki oleh Fak Saintek di mata publik, wabil khusus siswa SLTA sederajat yang ingin mencari jurusan alternatif di jenjang perguruan tinggi. “Secara umum selain kurikulum yang berisi materi kuliah sesuai bidang, juga ada materi keislaman sebagai penciri UIN Sunan Ampel”, papar Yusuf. Selain itu lulusan juga dibekali dengan sertifikan kompetensi yang berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP RI). Kegiatan ini diikuti lebih dari 150 peserta secara daring oleh berbagai siswa dan sekolah di berbagai kota di tanah air mulai medan hingga kalimantan timur.

Soft Launching UIYSC (UINSA International Youth Scientists Competition) 2022

Pemaparan materi dari M. Rizal N. Sagara, ST., MT. berjudul “Memilih Jurusan Kuliah Sesuai True Calling” menurut Sagara kata minat bakat diganti true calling karena memang ini panggilan jiwa atau panggilan hati. Sagara membawakan materi yang sangat menarik mengenai konsep pemilihan jurusan dengan minat dan bakat yang sesuai dengan diri kita. Konsep yang digunakan adalah konsep self-awareness yang sering digunakan untuk mengetahui sebenarnya apa yan ada didalam diri kita. Konsep self-awareness salah satunya terdiri dari konsep IKIGAI yang digunakan oleh para masyarakat jepang untuk lebih mengenal dirinya sendiri. “Memilih jurusan itu pilih yang bikin semangat dalam mengasah kemampuan dan bisa menyalurkan minat dan bakat, terus nantinya jadi bener-bener bisa jago di bidang itu” terang Sagara.

Materi dari M. Rizal N. Sagara, ST., MT.

Program studi di seluruh FST hadir dalam kegiatan Expo campus ini, pemaparan dilakukan oleh masing-masing kaprodi dari setiap program studi yakni Bapak Andik Dwi Muttaqin, MT., Ph.D. (Program Studi Teknik Sipil) ; Bapak Muhammad Andik Izzudin, MT. (Program Studi Sistem Informasi) ; Bapak Kusnul Prianto, MT. (Program Studi Arsitektur) ; Ibu Esti Tyastirin, M.KM. (Program Studi Biologi) ; Ibu Asri Sawiji, MT. (Program Studi Ilmu Kelautan) ; Bapak Aris Fanani, M.Kom. (Program Studi Matematika) ; dan Bapak Abdul Hakim, MT. (Program Studi Teknologi Lingkungan). Setiap program studi di FST UIN Sunan Ampel Surabaya mempunyai kelebihan masing-masing dan seluruhnya terangkum dalam video profil yang ditayangkan pada saat kegiatan berlangsung. Tujuan dari FST UINSA bukan hanya melahirkan mahasiswa yang ahli dalam bidang sains dan teknologi saja namun juga dalam hal integrasi keislaman dan berstandar internasional.

Dr. Moh. Hafiyussoleh, M.Si., M.Pmat. Wakil Dekan Bidang Akademik FST UINSA dalam wawancara menjelaskan bahwa kegiatan expo campus penting untuk dilakukan karena belum semua masayarakat mengetahui bahwa di UIN Sunan Ampel yang dahulunya IAIN sunan ampel terdapat Program Studi dan Jurusan umum sebagaimana yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi. Masyarakat lebih mengenal UIN/IAIN sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan. Dengan dilaksanakan pengenalan prodi melalui Expo Campus, diharapkan masyarakat mengetahui berbagai prodi di FST UINSA yang meliputi profilelulusan, kemampuan apa saja yang dikembangkan di masing-masing prodi, setelah lulus maka profesi apa saja yang dapat dikerjakan, bagaimana profil dosen dan juga program-program yang dikembangkan oleh prodi maupun Fakultas untuk mendorong tercapainya kompetensi yang diharapkan. “Di sisi lain, pemahaman dan informasi terkait dengan sarana prasarana juga perlu disosialisasikan kpd masyarakat luas sebagai salah satu komitmen kampus dalam menopang keberhasilan pembelajaran. Bahwa kuliah di FST UINSA akan memperoleh keuntungan ganda. Bukan hanya kompetensi berbasis prodi yang didapat, akan tetapi pengetahuan dan implementasi nilai-nilai keagamaan juga. Lulusan FST UINSA tidak hanya ahli dibidangnya, akan tetapi juga mampu mewarnai masyarakat dengan keluhuran akhlaq yang diperolehnya selama mengenyam perkuliahan di UINSA. Oleh karenanya, jangan ragu bagi siswa dan orangtua untuk melanjutkan jenjang sekolah dengan kuliah di prodi-prodi FST UINSA Surabaya” jelas Wakil Dekan 1 FST UINSA.

Kegiatan Expo Campus berjalan dengan lancar hingga selesai. Fakultan Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dengan penuh untuk seluruh peserta baik dari kalangan siswa maupun mahasiswa. Seluruh calon mahasiswa yang kebingunan dengan pemilihan jurusan memang sangat wajar, dimana kita masih belum tahu apa yang kita inginkan. Hal ini berkaitan dengan konsep IKIGAI yang terakhir yaitu what the world needs, pada akhirnya kita akan memikirkan bagaimana diri ini bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar, untuk masyarakat dan untuk bumi kita tercinta. Siswa dan mahasiswa setidaknya selalu ingat pedoman itu ketika menuntut ilmu agar nantinya semua yang kita dapat semasa menuntut ilmu tidak sia-sia.

Dokumentasi Kegiatan Expo Campus